Show simple item record

dc.contributor.authorMOH. ZAIN
dc.date.accessioned2014-01-29T15:37:03Z
dc.date.available2014-01-29T15:37:03Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM070210274052
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27229
dc.description.abstractKondisi SDN Rangperang Daya III dalam menyajikan pelajaran menemui beberapa kendala, sarana dan prasarana yang memadai dalam upaya meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS belum dicapai maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas V tentang “Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan penguasaan siswa tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS Kelas V SDN Rangperang Daya III melalui penggunaan metode pemberian tugas (2) Mendeskripsikan tingkat ketuntasan belajar siswa tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS melalui metode pemberian tugas kelas V SDN Rangperang Daya III. Daerah penelitian yang digunakan adalah SD negeri Rangperang Daya III Kecamatan proppo Kabupaten Pamekasan. Metode yang digunakan dalam daerah penelitian adalah purpose sampling area,. Jumlah subjek sebanyak 34 yang terdiri dari 15 laki-laki dan 19 Perempuan. Dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang menggunakan refleksi diri dan sebagai metode utama, dilakukan oleh orang yang terlibat di dalamnya, serta bertujuan untuk melakukan perbaikan dalam berbagai aspek. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan penguasaan siswa tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN Rangperang Daya III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Nilai tertinggi yang dicapai siswa mencapai 100 dan nilai rata-rata kelas adalah 79,8. Penggunaan metode pemberian tugas mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN Rangperang Daya III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Dari jumlah yang tuntas belajar tersebut didapatkan ketuntasan 93%. Hal ini berarti ketuntasan sudah tercapai. Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat lebih dari 80% siswa tuntas belajar Pembelajaran IPS menggunakan metode pemberian tugas di kelas kelas V SDN Rangperang Daya III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan perlu dikembangkan untuk menarik minat dan aktifitas siswa terhadap pembelajaran itu sendiri, hal ini dapat dilihat dari respon siswa yang positif pada pembelajaran tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274052;
dc.subjectHasil Belajar, Teori Belajar, Pemberian tugasen_US
dc.titlePENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN RANG PERANG DAYA III KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record