dc.contributor.author | MOH. ZAIN | |
dc.date.accessioned | 2014-01-29T15:37:03Z | |
dc.date.available | 2014-01-29T15:37:03Z | |
dc.date.issued | 2014-01-29 | |
dc.identifier.nim | NIM070210274052 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27229 | |
dc.description.abstract | Kondisi SDN Rangperang Daya III dalam menyajikan pelajaran menemui
beberapa kendala, sarana dan prasarana yang memadai dalam upaya
meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS belum dicapai
maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas V tentang “Peranan
tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan” masih menunjukkan
hasil yang kurang menggembirakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan penguasaan siswa
tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam
mata pelajaran IPS Kelas V SDN Rangperang Daya III melalui penggunaan
metode pemberian tugas (2) Mendeskripsikan tingkat ketuntasan belajar siswa
tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam
mata pelajaran IPS melalui metode pemberian tugas kelas V SDN Rangperang
Daya III.
Daerah penelitian yang digunakan adalah SD negeri Rangperang Daya III
Kecamatan proppo Kabupaten Pamekasan. Metode yang digunakan dalam daerah
penelitian adalah purpose sampling area,. Jumlah subjek sebanyak 34 yang terdiri
dari 15 laki-laki dan 19 Perempuan. Dalam penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas adalah
penelitian yang menggunakan refleksi diri dan sebagai metode utama, dilakukan
oleh orang yang terlibat di dalamnya, serta bertujuan untuk melakukan perbaikan
dalam berbagai aspek. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan metode
pemberian tugas dapat meningkatkan penguasaan siswa tentang Peranan tokoh
perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS
kelas V SDN Rangperang Daya III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan
Nilai tertinggi yang dicapai siswa mencapai 100 dan nilai rata-rata kelas adalah
79,8. Penggunaan metode pemberian tugas mampu meningkatkan ketuntasan
belajar siswa tentang Peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan
kemerdekaan dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN Rangperang Daya III
Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Dari jumlah yang tuntas belajar
tersebut didapatkan ketuntasan 93%. Hal ini berarti ketuntasan sudah tercapai.
Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat lebih dari 80%
siswa tuntas belajar
Pembelajaran IPS menggunakan metode pemberian tugas di kelas kelas V
SDN Rangperang Daya III Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan perlu
dikembangkan untuk menarik minat dan aktifitas siswa terhadap pembelajaran itu
sendiri, hal ini dapat dilihat dari respon siswa yang positif pada pembelajaran
tersebut. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070210274052; | |
dc.subject | Hasil Belajar, Teori Belajar, Pemberian tugas | en_US |
dc.title | PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MENGHARGAI JASA DAN PERANAN TOKOH PERJUANGAN DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN RANG PERANG DAYA III KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN | en_US |
dc.type | Other | en_US |