dc.description.abstract | Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan membaca
siswa kelas IV SD Islam Bustanul Ulum disebabkan oleh beberapa faktor,
diantaranya: 1) cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan belum memotivasi
siswa; 2) siswa sulit memahami pelajaran IPS; 3) minat siswa masih rendah pada
pembelajaran IPS.
Dari 23 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan
hanya 9 siswa dan siswi yang telah tuntas belajar atau persentase ketuntasan belajar
yang hanya 39% dari seluruh siswa yang ada di kelas tersebut. Oleh karena itu,
supaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar, guru harus melakukan
perubahan dalam menggunakan metode pembelajaran IPS. Salah satu metode
pembelajaran yang tepat adalah metode example non example. Dalam metode ini
guru memberikan contoh dan bukan contoh dari materi yang diajarkan, lalu siswa
berdiskusi serta menentukan dan menelaah tentang contoh dan bukan contoh yang
diberikan. Dalam metode pembelajaran tersebut, pembelajaran lebih menyenangkan
dan lebih mengkatkan daya pikir siswa.
Untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai arah penelitian, maka
dirumuskan permasalahan sebagai berikut. (1) Bagaimanakah peningkatan motivasi
belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS melalui metode example non example di
SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu semester genap tahun pelajaran 2011-
2012 ? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS
melalui metode example non example di SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo
Ambulu semester genap tahun pelajaran 2011-2012 ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran
IPS melalui metode example non example di SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo
Ambulu semester genap tahun pelajaran 2011-2012. (2) untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS melalui metode example non example di
SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu semester genap tahun pelajaran 2011-
2012.
Untuk memecahkan permasalahan di atas maka diadakan penelitian berupa
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan
data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Sedangkan proses analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data
kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan angket serta data kuantitatif yang
diperoleh dari hasil tes siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa
menggunakan metode example non example mengalami peningkatan. Berdasarkan
data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa motivasi belajar siswa
selama pembelajaran pada siklus I telah termotivasi sebesar 57 %. Sedangkan
motivasi belajar siswa berdasarkan angket telah termotivasi sebesar 60 %. motivasi
belajar siswa selama pembelajaran pada siklus II meningkat sebesar 86.9 %
.Sedangkan motivasi belajar siswa berdasarkan angket motivasi pada siklus II telah
termotivasi sebesar 83 %. Hasil belajar siswa Pada tahap pra siklus mencapai 39 %.
Setelah dilaksanakan siklus ke I mengkat menjadi 65 %. Pada siklus ke II meningkat
85 %.
Kesimpulannya bahwa penelitian ini telah mampu meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa dengan baik Saran dalam penelitian ini supaya penerapan metode
example non example perlu ditingkatkan dengan menggunakan media yang lebih
beragam. Supaya siswa mampu termotivasi dalam belajar selain menggunaan metode
example non example guru perlu juga perlu memberikan reward bagi siswa supaya
siswa dapat termotivasi dan bersemangat dalam belajar. | en_US |