dc.description.abstract | Matematika mempunyai posisi yang sangat penting, sebab selain dapat
memberikan kemampuan berhitung juga dapat memberikan bekal kemampuan
menalar. Namun dalam kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesalahan
mengerjakan soal matematika. Materi sistem persamaan linier merupakan materi
yang sering keluar dalam soal ujian nasional akan tetapi siswa kelas X Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso masih banyak mengalami kesalahan dalam
mengerjakan soal sistem persamaan linier sehingga perlu diadakan analisis terhadap
kesalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase
kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier
dan apa faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam
menyelesaikan soal sistem persamaan linier.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN Bondowoso pada hari Senin tanggal 11
Februari 2008 dengan responden kelas X tahun ajaran 2007/2008. Metode yang
digunakan dalam peneltian ini yaitu metode tes, wawancara dan dokumentasi.
Sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas untuk
mengetahui kehomogenan seluruh kelas X kemudian diambil 2 kelas secara cluster
random sampling, yang akan digunakan sebagai kelas uji coba tes dan kelas
penelitian. Dari hasil uji coba tes didapatkan nilai validitas 0,66 dan nilai reliabilitas
sebesar 0,68 hal ini menunjukkan bahwa soal yang digunakan telah valid dan reliabel.
a. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem pesamaan
linier dikategorikan ke dalam lima jenis kesalahan. yaitu kesalahan penggunaan data, kesalahan menafsirkan bahasa, kesalahan dalam menggunakan teorema atau
definisi, kesalahan teknis, dan kesalahan lain selain empat kesalahan diatas.
Adapun prosentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaiakan soal
sistem persamaan linier sebesar 57,95% dengan rincian masing-masing persentase
tipe kesalahan yaitu: persentase kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan
penggunaan data 12,82%; kesalahan menafsirkan bahasa 10,26%; kesalahan
dalam menggunakan teorema/definisi 10,77%; kesalahan teknik 12,82%; dan
kesalahan selain empat kesalahan di atas 11,28%. Faktor penyebab siswa
melakukan kesalahan menyelesaikan soal sitem persamaan linier adalah:
Penyebab siswa melakukan kesalahan penggunaan data: kesalahan dalam
mengutip data; kesalahan menetapkan sepenggal informasi yang diberikan dalam
soal; menetapkan informasi yang tidak diberikan dalam soal. Penyebab siswa
melakukan kesalahan dalam menafsirkan bahasa: kesalahan menerjemahkan
pernyataan kedalam kalimat matematika. Penyebab siswa melakukan kesalahan
dalam menggunakan teorema atau definisi: penggunaan teorema/definisi/rumus/
konsep di luar ketentuan; kutipan yang tidak tepat dari teorema/definisi. Penyebab
siswa malakukan kesalahan teknis: kesalahan dalam perhitungan (komputasi);
kesalahan pengeluaran data yang akan dipakai dalam perhitungan. Penyebab
siswa mealakukan kesalahan lain selain empat kesalahan diatas: siswa tidak
menuliskan jawaban ke dalam lembar jawaban; siswa hanya menulis ulang soal;
jawaban siswa tidak sesuai dengn yang diminta dalam soal | en_US |