Show simple item record

dc.contributor.authorMOHAMMAD NASAR
dc.date.accessioned2014-01-29T13:33:40Z
dc.date.available2014-01-29T13:33:40Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM070210274067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27175
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tentang Proses Terjadinya Siang dan Malam dengan metode Demonstrasi pada siswa kelas 6 SDN Tanjung III Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tanjung III Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa 21 orang. Sumber data penelitian yang diperlukan antara lain: untuk mengetahui hasil belajar siswa dipergunakan test esay yang dibuat peneliti sebanyak 4 soal untuk tiap siklusnya. Untuk mengetahui aktivitas siswa saat proses pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi, dipergunakan beberapa alat peraga dan data observer. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas 13 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 61,9% berada dalam kategori belum tuntas. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 18 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 85,71% termasuk kategori tuntas. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan metode belajar demonstrasi maka model belajar ini dapat meningkatkan kualitas hasil belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274067;
dc.subjectHasil Belajar, Metode Demonstrasien_US
dc.titlePENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PROSES TERJADINYA SIANG DAN MALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN TANJUNG III PAMEKASANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record