Show simple item record

dc.contributor.authorMOHAMMAD ABDUL ASIM
dc.date.accessioned2014-01-29T12:26:17Z
dc.date.available2014-01-29T12:26:17Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM030210301153
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27143
dc.description.abstractKondisi latar belakang sosial ekonomi yang terdiri dari tingkat pendidikan dan pendapatan, serta partisipasi orang tua yang meliputi pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan belajar, pengawasan waktu belajar, dan komunikasi orang tua dengan pihak sekolah adalah beberapa faktor yang juga berpartisipasi dan turut serta dalam rangka membantu keberhasilan anak untuk meraih prestasi belajar di sekolah. Kegiatan belajar anak di rumah tidak lepas dari partisipasi orang tua sebagai pihak yang turut bertangggung jawab atas masa depan mereka. Partisipasi orang tua diantaranya pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua, pengawasan waktu belajar dan komunikasi orang tua dengan pihak sekolah untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut tentang kondisi siswa disekolah. Partisipasi orang tua dalam mendidik anak di rumah harus dapat berjalan beriringan bersama-sama saling melengkapi dengan pihak sekolah atau guru, untuk mencapai tujuan bersama yaitu peningkatan prestasi belajar anak yang lebih optimal. Beberapa faktor di atas adalah sebagian dari banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah. Latar belakang sosial ekonomi seseorang akan sangat menunjang keikutsertaannya dalam membantu keberhasilan anak dalam proses belajarnya. Keluarga yang memiliki latar belakang ekonomi baik akan dapat memenuhi kebutuhan fasilitas belajar, memberi perhatian, kasih sayang dan mendorong anakanaknya untuk belajar agar mereka dapat meraih prestasi yang optimal. Seperti dinyatakan oleh Gerungan (1987:181) bahwa pengaruh latar belakang ekonomi orang tua terhadap keberhasilan ditunjukkan dengan curahan perhatian yang lebih mendalam kepada pendidikan anak-anaknya. Di samping itu orang tua tidak punya masalah yang serius dalam pemenuhan kebutuhan primer. Kondisi yang demikian akan mendorong orang tua untuk lebih mengoptimalkan perhatian dan partisipasinya dalam meningkatkan pendidikan anak-anaknya. Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive area yaitu orang tua siswa yang anaknya bersekolah di SMP Negeri 4 Jember dan masih duduk di kelas VIII pada Tahun Ajaran 2007/2008. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling sebanyak 70 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari kondisi sosial ekonomi dan partisipasi orang tua yang dilihat dari tingkat pendidikan, tingkat pendapatan orang tua, pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua di rumah, pengawasan waktu belajar, dan komunikasi orang tua dengan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Jember Tahun Ajaran 2007/2008. Dalam penelitian ini juga akan diteliti tentang faktor manakah diantara dua variabel bebas yakni kondisi sosial ekonomi dan partisipasi orang tua yang berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang sosial ekonomi dan partisipasi orang tua yang terdiri dari tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua di rumah, pengawasan waktu belajar, dan komunikasi orang tua dengan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Jember Tahun Ajaran 2007/2008. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (9,211 > 3,1338) dengan a =0,05 > Sig F = 0,000 dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 21,6% yang berarti indikator variabel pendidikan, pendapatan, pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua di rumah, pengawasan waktu belajar dan komunikasi orang tua dengan sekolah memberikan sumbangan sebesar 21,6 terhadap prestasi belajar anak, sedangkan sisanya yaitu 78,4% adalah variabel yang tidak diteliti yang juga mempengaruhi prestasi belajar seperti pekerjaan orang tua, umur, jumlah tanggungan keluarga dan sebagainya. Besarnya proporsi sumbangan variabel X1 terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar 7,8 %, sedangkan proporsi sumbangan variabel X2 terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar 4,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proporsi sumbangan terbesar variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel bebas kondisi sosial ekonomi orang tua (variabel X1) yakni sebesar 7,8 % dan mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Jember Kelas VIII Tahun Ajaran 2007/2008, sedangkan proporsi sumbangan variabel X2 sebesar 4,56% mempengaruhi prestasi belajar anak di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2007/2008.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210301153;
dc.subjectPengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomien_US
dc.titlePENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SMP NEGERI 4 JEMBER KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2007/2008en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record