dc.description.abstract | Kondisi latar belakang sosial ekonomi yang terdiri dari tingkat pendidikan dan
pendapatan, serta partisipasi orang tua yang meliputi pemenuhan fasilitas belajar,
bimbingan belajar, pengawasan waktu belajar, dan komunikasi orang tua dengan
pihak sekolah adalah beberapa faktor yang juga berpartisipasi dan turut serta dalam
rangka membantu keberhasilan anak untuk meraih prestasi belajar di sekolah.
Kegiatan belajar anak di rumah tidak lepas dari partisipasi orang tua sebagai pihak
yang turut bertangggung jawab atas masa depan mereka. Partisipasi orang tua
diantaranya pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua, pengawasan waktu
belajar dan komunikasi orang tua dengan pihak sekolah untuk mengetahui
perkembangan lebih lanjut tentang kondisi siswa disekolah. Partisipasi orang tua
dalam mendidik anak di rumah harus dapat berjalan beriringan bersama-sama saling
melengkapi dengan pihak sekolah atau guru, untuk mencapai tujuan bersama yaitu
peningkatan prestasi belajar anak yang lebih optimal. Beberapa faktor di atas adalah
sebagian dari banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di
sekolah.
Latar belakang sosial ekonomi seseorang akan sangat menunjang
keikutsertaannya dalam membantu keberhasilan anak dalam proses belajarnya.
Keluarga yang memiliki latar belakang ekonomi baik akan dapat memenuhi
kebutuhan fasilitas belajar, memberi perhatian, kasih sayang dan mendorong anakanaknya
untuk belajar agar mereka dapat meraih prestasi yang optimal. Seperti
dinyatakan oleh Gerungan (1987:181) bahwa pengaruh latar belakang ekonomi orang tua terhadap keberhasilan ditunjukkan dengan curahan perhatian yang lebih
mendalam kepada pendidikan anak-anaknya. Di samping itu orang tua tidak punya
masalah yang serius dalam pemenuhan kebutuhan primer. Kondisi yang demikian
akan mendorong orang tua untuk lebih mengoptimalkan perhatian dan partisipasinya
dalam meningkatkan pendidikan anak-anaknya.
Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive area
yaitu orang tua siswa yang anaknya bersekolah di SMP Negeri 4 Jember dan masih
duduk di kelas VIII pada Tahun Ajaran 2007/2008. Metode pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling sebanyak 70 siswa,
sedangkan metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan
observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari kondisi
sosial ekonomi dan partisipasi orang tua yang dilihat dari tingkat pendidikan, tingkat
pendapatan orang tua, pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua di rumah,
pengawasan waktu belajar, dan komunikasi orang tua dengan sekolah terhadap
prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Jember Tahun Ajaran 2007/2008. Dalam
penelitian ini juga akan diteliti tentang faktor manakah diantara dua variabel bebas
yakni kondisi sosial ekonomi dan partisipasi orang tua yang berpengaruh dominan
terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang sosial ekonomi dan
partisipasi orang tua yang terdiri dari tingkat pendidikan, tingkat pendapatan,
pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua di rumah, pengawasan waktu
belajar, dan komunikasi orang tua dengan sekolah berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Jember Tahun Ajaran 2007/2008. Hal ini
ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (9,211 > 3,1338) dengan a =0,05 >
Sig F = 0,000 dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 21,6% yang berarti indikator
variabel pendidikan, pendapatan, pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan orang tua di
rumah, pengawasan waktu belajar dan komunikasi orang tua dengan sekolah memberikan sumbangan sebesar 21,6 terhadap prestasi belajar anak, sedangkan
sisanya yaitu 78,4% adalah variabel yang tidak diteliti yang juga mempengaruhi
prestasi belajar seperti pekerjaan orang tua, umur, jumlah tanggungan keluarga dan
sebagainya. Besarnya proporsi sumbangan variabel X1 terhadap prestasi belajar siswa
(variabel Y) sebesar 7,8 %, sedangkan proporsi sumbangan variabel X2 terhadap
prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar 4,56%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proporsi sumbangan terbesar
variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel bebas kondisi sosial
ekonomi orang tua (variabel X1) yakni sebesar 7,8 % dan mempunyai pengaruh
dominan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Jember Kelas VIII Tahun
Ajaran 2007/2008, sedangkan proporsi sumbangan variabel X2 sebesar 4,56%
mempengaruhi prestasi belajar anak di SMP Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran
2007/2008. | en_US |