dc.description.abstract | Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso
tahun pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi
dengan memanfaatkan sumber daya alam masih rendah. Rendahnya hasil belajar
tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang
diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional dan penggunaan alat peraga/ media
jarang sekali digunakan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk
mengatasi permasalahan tersebut adalah pembelajaran kooperatif model examples
non examples dengan media gambar. Rumusan masalah yang muncul adalah
“Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model examples non examples
dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV
dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan
sumber daya alam di SDN Tamanan 03 Bondowoso Tahun pelajaran 2011/2012?”
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 melalui
pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media gambar.
Pengambilan data dilaksanakan di SDN Tamanan 03 Bondowoso, dimulai pada
tanggal 09 Januari 2012 sampai 18 Januari 2012. Subyek penelitian adalah siswa
kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35
siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.
Jenis penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan
setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban
siswa dalam pra siklus, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi
aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan
pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media gambar, serta
jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan.
Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS
melalui pembelajaran kooperatif model examples non examples dengan media
gambar menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan.
Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 65,90%, dan
pada siklus II mencapai 76,00%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif.
Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10,10% dari siklus
I ke siklus II.
Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar
siswa secara klasikal adalah 28,57%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar
siswa menjadi 60,00%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 77,15%. Ketuntasan
belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar sebesar 48,58% dari pra
siklus ke siklus II dan 17,15% dari siklus I ke siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif
model examples non examples dengan media gambar dalam pembelajran IPS pokok
bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan kegiatan ekonomi meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tamanan 03 Bondowoso tahun
pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diberikan adalah hasil penelitian ini
diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan penelitian sejenis
sekaligus pengembangannya, selain itu diharapkan guru dan pihak sekolah dapat
terus menerapkan pembelajaran kooperatif model examples non examples sebagai sumbangan pemikiran demi meningkatkan mutu pendidikan. | en_US |