• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEGIATAN EKONOMI (PRODUKSI, KONSUMSI, DAN DISTRIBUSI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (239)a_1.pdf (393.5Kb)
    Date
    2014-01-29
    Author
    HADI SANTOSO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian pada siswa kelas IV SDN Blumbungan I Pamekasan Tahun Pelajaran 2009/2010 ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode simulasi, 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam menerapkan metode simulasi mata pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi), 3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode simulasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Blumbungan I Pamekasan Tahun Pelajaran 2009/2010 Kelas IV yang terdiri dari 20 siswa, 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 13 April 2010 sampai 01 Mei 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Blumbungan I Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa mata pelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode simulasi adalah : pada siklus 1 terdapat 14 siswa yang dikategorikan tuntas dengan persentase ketuntasan 70%, sedangkan pada siklus 2 siswa yang tuntas menjadi 17 siswa dengan persentase ketuntasan 85%, dan masih ada 3 siswa yang belum tuntas yakni 15%nya.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi (Produksi, Konsumsi, dan Distribusi) dengan menggunakan metode simulasi dapat mencipkan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotifasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/27106
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository