Show simple item record

dc.contributor.authorRiska Nur Amita
dc.date.accessioned2014-01-29T02:55:09Z
dc.date.available2014-01-29T02:55:09Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM070210193130
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26971
dc.description.abstractIndonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati sangat tinggi, menurut Wijaya (dalam Sunarmi, 2004:71) di Indonesia diperkirakan terdapat 25 ribu hingga 35 ribu jenis tanaman yang tumbuh tersebar diseluruh kawasan ataupun tumbuh berkelompok yang tumbuh di suatu lokasi atau kawasan. Berbagai jenis flora atau tumbuhan yang sengaja ditanam karena memiliki kelebihan dan manfaat khususnya apabila dipandang dari segi keindahannya. Jenis tanaman ini dikenal dan digolongkan kedalam golongan tanaman hias. Menurut Chairani (2009:37), tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. Salah satu lembaga konservasi yang ada di Kabupaten Jember, yang digunakan sebagai tempat pembudidayaan tanaman hias adalah Wisata Agro Gelantangan (WAG). Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Jember yaitu sekitar 35 Km, tepatnya di daerah Gelantangan Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Berbagai wahana bermain seperti mini jumping, cross, dan berkuda tersedia di WAG. Tempatnya yang indah dan sejuk sangat cocok digunakan untuk tempat rekreasi bersama keluarga dan pembelajaran biologi (http: // jemberajib. wordpress. com /obyek-wisata/wisata agro gelantangan-wag). Keberadaan berbagai jenis tanaman hias yang terdapat di Wisata Agro Gelantangan dapat dimanfaatkan oleh dunia pendidikan di Kabupaten Jember khususnya bagi siswa di sekitar Kota Gelantangan. Selain sebagai tempat rekreasi, kawasan Wisata Agro Gelantangan dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata edukatif yaitu dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman yang ada di didalamnya sebagai variasi pembelajaran atau sebagai media sumber belajar siswa. Pemanfaatan lingkungan sebagai media belajar, akan dapat meningkatkan kemampuan, kreatifitas dan pengetahun siswa pada pembelajaran khususnya pada pembelajaran biologi (Suratsih, 2010). Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui jenis-jenis tanaman hias yang terdapat di kawasan Wisata Agro Gelantangan Kabupaten Jember, Untuk mengetahui potensi berbagai jenis tanaman hias yang ada di kawasan Wisata Agro Gelantangan Kabupaten Jember sebagai sumber belajar pembelajaran biologi, pokok bahasan keanekaragaman hayati siswa pada siswa di Sekolah Menegah Pertama (SMP).Penelitian dilaksanakan di kawasan Wisata Agro Gelantangan Kabupaten Jember. Kemudian dilanjutkan proses identifikasi dilakukan di laboratorium ruang botani FKIP Biologi Universitas Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu observasi dan eksplorasi lingkunganm, pengukuran faktor-faktor lingkungan, iventarisasi tanaman hias, pengambilan spesimen sebagai sampel penelitian dokumentasi, deskripsi tanaman hias, identifikasi tanaman hias, klasifikasi tanaman hias, analisis data, uji produk dalam bentuk modul. Analisa data menggunakan metode deskriptif. Sampel-sampel tanaman hias yang telah di ambil kemudian diidentifikasi oleh peneliti. identifikasi sampel dilakukan dengan cara mengamati ciri-ciri morfologi yang penting untuk di identifikasi berdasarkan buku-buku acuan meliputi Flora (Dr.C.G.G.J. van Stenis, et.al, 2008), Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta (Tjitrosoepomo, G., 1991), Flora of Java (Backer and Bakhuizen, 1963). Hasil identifikasi dari lokasi dalam penelitian ini yaitu di kawasan Wisata Agro Gelantangan PTPN XII Kabupaten Jember, ditemukan 27 jenis tanaman hias. Pengujian produk menggunakan modul disertakan angket. Responden uji produk adalah guru Biologi di sekolah yang berbeda yaitu SMPN 1 Mumbulsari, SMPN 2 Mumbulsari dan SMP 1 Tempurejo. Hasilnya diperoleh dengan rerata skor 84% yang artinya produk memiliki kualitas yang baik sebagi sumber belajar. Untuk meningkatkan kualitas produk menjadi lebih baik perlu dilakukan perbaikan pada materi modul karena hendaknya materi modul mengulang materi yang telah lalu sebagai penguatan materi baru dan Memungkinkan pembelajaran mandiri. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan adalah Pada kawasan Wisata Agro Gelantangan PTPN XII Kabupaten Jember, ditemukan 27 jenis tanaman hias, yang meliputi 3 divisi dengan 4 kelas,18 bangsa, 22 suku, 27 marga, dan 27 jenis antara lain: Adiantum sp., Dieffenbachia brasiliensis, Caladium bicolor, Scindapsus aureus, Chrysalidocarpus lutescens, Chlorophytum comosum, Sansevieria sp., Cordyline fructicosa, Agave americana, Strelitzia sp., Canna indica, Rhoeo discolor, Codiaeum variegatum, Acalypha siamensis, Coleus Scutellarioides, Episcia fulgida, Zinnia elegans, Catharanthus roseus, Bougainvillea sp., Hibiscus rosa-sinensis, Rosa sp., Impatiens balsamina, Ixora paludosa, Euphorbia sp., Acalypha siamensis, Nymphaea alba L, Araucaria heterophylla. Kawasan Wisata Agro Gelantangan PTPN XII Kabupaten Jember sangat baik untuk dijadikan salah satu sumber belajar biologi, khususnya di tingkat SMP kelas VII pada materi keanekaragaman hayati tumbuhan, karena memeiliki kejelasan potensinya, kesesuaian dengan tujuan dan manfaat, kejelasan sasaran yang dipelajari, kejelasan informasi yang diungkap, kemudahan pedoman eksplorasinya, dan memiliki kejelasan perolehan yang diharapkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193130;
dc.subjectTANAMAN HIAS, WISATA AGRO GELANTANGAN, SUMBER BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.titleINVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI TANAMAN HIAS DI KAWASAN WISATA AGRO GELANTANGAN PTPN XII JEMBER SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record