Show simple item record

dc.contributor.authorDiah Puji Setyorini
dc.date.accessioned2014-01-29T00:17:53Z
dc.date.available2014-01-29T00:17:53Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM080210204087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26823
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan melalui empat aspek keterampilan utama yaitu keterampilan membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara. Keempatnya diajarkan secara terpadu dan dijadikan fokus dalam setiap kegiatan pembelajaran. Pembelajaran membaca merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelajaran Bahasa Indonesia. Di kelas IV, pembelajaran membaca pemahaman bertujuan agar siswa mampu membaca teks bacaan dan menceritakan kembali secara ringkas isi cerita yang dibacanya dalam tulisan. Berdasarkan observasi awal pada siswa diketahui bahwa kemampuan siswa dalam membaca pemahaman masih rendah. Hal ini terlihat dari sikap siswa yang sebagian besar masih tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tentang bacaan yang telah dibacanya, siswa tampak kurang berminat dan kurang tertarik dengan pembelajaran membaca pemahaman. Selama ini siswa mengganggap pembelajaran membaca sangat membosankan. Penyebab dari permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran membaca adalah : 1) guru langsung memberikan tugas kepada siswa, 2) siswa beranggapan bahwa membaca merupakan kegiatan yang mudah dilakukan, sehingga tidak memerlukan tingkat perhatian dan konsentrasi yang lebih. Untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut, di upayakan pemecahan yang tepat, di antaranya adalah melatih dan membiasakan siswa membuat ringkasan bacaan yang telah di bacanya. Karena membuat ringkasan merupakan dasar yang paling penting dalam membaca pemahaman. Membuat ringkasan dapat memudahkan siswa dalam memahami isi yang terkandung dalam sebuah bacaan. Oleh karena itulah, peneliti melakukan penelitian tindakan untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas IV melalui kegiatan membuat ringkasan.Masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut : 1) bagaimanakah proses peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui kegiatan membuat ringkasan pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 01 , 2) bagaimanakah hasil belajar kemampuan membaca pemahaman setelah dilaksanakan pembelajaran melalui kegiatan membuat ringkasan. Tujuan yang di capai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan : 1) proses peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui kegiatan membuat ringkasan cerita siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 01 Wuluhan, 2) hasil belajar membaca pemahaman dalam membuat ringkasan cerita siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 01 Wuluhan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204087;
dc.subjectPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMANen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI KEGIATAN MEMBUAT RINGKASAN SISWA KELAS IV SDN TANJUNGREJO 01 WULUHAN TAHUN AJARAN 2010 / 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record