dc.description.abstract | Pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan melalui empat aspek
keterampilan utama yaitu keterampilan membaca, mendengarkan, menulis dan
berbicara. Keempatnya diajarkan secara terpadu dan dijadikan fokus dalam setiap
kegiatan pembelajaran. Pembelajaran membaca merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari pelajaran Bahasa Indonesia. Di kelas IV, pembelajaran membaca
pemahaman bertujuan agar siswa mampu membaca teks bacaan dan menceritakan
kembali secara ringkas isi cerita yang dibacanya dalam tulisan. Berdasarkan observasi
awal pada siswa diketahui bahwa kemampuan siswa dalam membaca pemahaman
masih rendah. Hal ini terlihat dari sikap siswa yang sebagian besar masih tidak bisa
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tentang bacaan yang telah dibacanya,
siswa tampak kurang berminat dan kurang tertarik dengan pembelajaran membaca
pemahaman. Selama ini siswa mengganggap pembelajaran membaca sangat
membosankan. Penyebab dari permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran
membaca adalah : 1) guru langsung memberikan tugas kepada siswa, 2) siswa
beranggapan bahwa membaca merupakan kegiatan yang mudah dilakukan, sehingga
tidak memerlukan tingkat perhatian dan konsentrasi yang lebih. Untuk mengatasi
beberapa permasalahan tersebut, di upayakan pemecahan yang tepat, di antaranya
adalah melatih dan membiasakan siswa membuat ringkasan bacaan yang telah di
bacanya. Karena membuat ringkasan merupakan dasar yang paling penting dalam
membaca pemahaman. Membuat ringkasan dapat memudahkan siswa dalam
memahami isi yang terkandung dalam sebuah bacaan. Oleh karena itulah, peneliti
melakukan penelitian tindakan untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran
membaca pemahaman pada siswa kelas IV melalui kegiatan membuat
ringkasan.Masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut : 1) bagaimanakah proses
peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui kegiatan membuat ringkasan
pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 01 , 2) bagaimanakah hasil belajar kemampuan
membaca pemahaman setelah dilaksanakan pembelajaran melalui kegiatan membuat
ringkasan. Tujuan yang di capai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan : 1)
proses peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui kegiatan membuat
ringkasan cerita siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 01 Wuluhan, 2) hasil belajar
membaca pemahaman dalam membuat ringkasan cerita siswa kelas IV SDN
Tanjungrejo 01 Wuluhan. | en_US |