dc.contributor.author | DIAH PRATIWINING TIAS | |
dc.date.accessioned | 2014-01-29T00:14:48Z | |
dc.date.available | 2014-01-29T00:14:48Z | |
dc.date.issued | 2014-01-29 | |
dc.identifier.nim | NIM080210274087 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26818 | |
dc.description.abstract | Penggunaan media pembelajaran dalam rangka menjelaskan materi dapat
mempermudah pemahaman materi bagi siswa sehingga pengetahuan yang
diperoleh bersifat konkrit. Media memberikan manfaat kepada siswa untuk
memperjelas topik yang dibahas, memberikan contoh konkrit, mengatasi
keterbatasan pengetahuan sehingga memecahkan permasalahan yang dibahas.
Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) untuk meningkatkan aktivitas
siswa kelas II SDN Karangrejo 2 semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dalam
pembelajaran Matematika dengan menggunakan media benda( Lolipop ), (2)
untuk meningkatkan hasil belajar yang dicapai siswa Kelas II SDN Karangrejo 2
semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran Matematika
dengan menggunakan media benda(Lolipop ). Subjek dari penelitian ini adalah
siswa kelas II Semester ganjil SDN Karangrejo 2 tahun pelajaran 2010/2011,
siswa di kelas tersebut memiliki nilai hasil belajar yang rendah. Hal ini diketahui
dari rata-rata nilai tes formatif dari kelas II. Daerah penelitian ditentukan dengan
metode purposif area yaitu SD Negeri Karangrejo 2 Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini adalah: (1) metode observasi; (2) metode wawancara; (3) metode
tes; (4) metode dokumentasi.
Berdasarkan analisal hasil belajar siswa di atas dapat diperoleh data
bahwa terdapat 47% siswa sudah tuntas, dan sebanyak 53% siswa belum
mencapai ketuntasan dengan rerata 64,72 . Hal tersebut berarti secara klasikal
pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar dan perlu dilakukan refleksi
untuk selanjutnya dilakukan siklus II. Pembelajaran matematika dengan alat
peraga LOLIPOP pada siklus I belum menunjukkan ketuntasan belajar karena
siswa belum menunjukkan keaktian yang signifikan. Hal tersebut dapat juga
diperhatikan pada grafik aktifitas belajar siswa yang cenderung kurang
menunjukkan prosentase sangat aktif dan aktif. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210274087; | |
dc.subject | Hasil belajar, Lolipop,Nilai Tempat | en_US |
dc.title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN NILAI TEMPAT DENGAN PERMAINAN LOLIPOP DI KELAS II SDN KARANGREJO 02 KECAMATAN SUMBERSARI | en_US |
dc.type | Other | en_US |