Show simple item record

dc.contributor.authorDIAH PRATIWINING TIAS
dc.date.accessioned2014-01-29T00:14:48Z
dc.date.available2014-01-29T00:14:48Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM080210274087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26818
dc.description.abstractPenggunaan media pembelajaran dalam rangka menjelaskan materi dapat mempermudah pemahaman materi bagi siswa sehingga pengetahuan yang diperoleh bersifat konkrit. Media memberikan manfaat kepada siswa untuk memperjelas topik yang dibahas, memberikan contoh konkrit, mengatasi keterbatasan pengetahuan sehingga memecahkan permasalahan yang dibahas. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas II SDN Karangrejo 2 semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan media benda( Lolipop ), (2) untuk meningkatkan hasil belajar yang dicapai siswa Kelas II SDN Karangrejo 2 semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan media benda(Lolipop ). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II Semester ganjil SDN Karangrejo 2 tahun pelajaran 2010/2011, siswa di kelas tersebut memiliki nilai hasil belajar yang rendah. Hal ini diketahui dari rata-rata nilai tes formatif dari kelas II. Daerah penelitian ditentukan dengan metode purposif area yaitu SD Negeri Karangrejo 2 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: (1) metode observasi; (2) metode wawancara; (3) metode tes; (4) metode dokumentasi. Berdasarkan analisal hasil belajar siswa di atas dapat diperoleh data bahwa terdapat 47% siswa sudah tuntas, dan sebanyak 53% siswa belum mencapai ketuntasan dengan rerata 64,72 . Hal tersebut berarti secara klasikal pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar dan perlu dilakukan refleksi untuk selanjutnya dilakukan siklus II. Pembelajaran matematika dengan alat peraga LOLIPOP pada siklus I belum menunjukkan ketuntasan belajar karena siswa belum menunjukkan keaktian yang signifikan. Hal tersebut dapat juga diperhatikan pada grafik aktifitas belajar siswa yang cenderung kurang menunjukkan prosentase sangat aktif dan aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274087;
dc.subjectHasil belajar, Lolipop,Nilai Tempaten_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN NILAI TEMPAT DENGAN PERMAINAN LOLIPOP DI KELAS II SDN KARANGREJO 02 KECAMATAN SUMBERSARIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record