Show simple item record

dc.contributor.authorIda Irawati
dc.date.accessioned2014-01-28T23:46:38Z
dc.date.available2014-01-28T23:46:38Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM020210102115
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26771
dc.description.abstractProses pembelajaran fisika menghendaki keaktifan siswa dalam proses berfikir dan mencari pemahaman akan objek, menganalisis dan mengkonstruksi pengetahuan, agar terbentuk pengetahuan baru dalam diri siswa tersebut. Penggunaan suatu model pembelajaran yang menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari – hari dan sesuai dengan pengalamannya merupakan salah satu model yang sesuai dalam pembelajaran fisika. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan model pembelajaran fisika yang dapat mengaktifkan, memotivasi, dan melibatkan siswa secara langsung, baik secara fisik maupun mental dalam proses pembelajaran serta menciptakan interaksi antar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah model pembelajaran Experiential Learning dengan Setting Kooperatif. Model pembelajaran ini juga dapat memotivasi dan melibatkan siswa secara langsung. Hal ini karena selama proses belajar mengajar siswa termotivasi, percaya diri dan siap untuk belajar (concrete experience), siswa terlibat lansung secara fisik dan mental dan harus melibatkan fakta berdasarkan pengalaman belajar siswa agar informasi yang diberikan lebih mudah melekat (reflective observation), siswa dapat mempresentasikan hasil pemecahan masalah tersebut (abstrak conceptualization), siswa di uji kemampuan individualnnya (active experimentation). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) apakah penerapan model pembelajaran experiential learning dengan setting kooperatif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika di SMP?; (2) bagaimanakah aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran experiential learning dengan setting kooperatif?. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran experiential learning dengan setting kooperatif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika di SMP;(2) untuk mengkaji aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran experiential learning dengan setting kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jombang Jember, yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel ditentukan dengan menggunakan cluster random sampling melalui tehnik pengundian yaitu kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIC sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan desain control group pre test – post test. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Instrumen pembelajaran yang digunakan berupa RPP. Metode analisa data yang digunakan yaitu: (1) Uji perbedaan hasil belajar menggunakan Uji t – tes; (2) Uji aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan rumus %100x N tabel ix A P a = . Analisa data hasil penelitian untuk uji perbedaan di peroleh t = 1.665 oleh karena nilai t lebih besar dari t yaitu 2.128 > 1.665 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) di terima. Dengan hitung tabel demikian dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Experiential Learning dengan Setting Kooperatif dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan zat dan wujudnya pada siswa kelas VII semester gasal di SMP Negeri 2 Jombang Jember tahun pelajaran 2009 / 2010. Hasil analisis untuk uji aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas secara klasikal sebesar 68.56 % yang termasuk pada kriteria aktivitas siswa yang aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran experiential learning dengan setting kooperatif terhadap peningkatan hasil belajar fisika pokok bahasan zat dan wujudnya pada siswa kelas VII semester ganjil di SMP Negeri 2 Jombang Jember tahun pelajaran 2009/2010en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210102115;
dc.subjectEXPERIENTIAL LEARNING, SETTING KOOPERATIFen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record