dc.description.abstract | Fakta yang terjadi di SDN Karangrejo 01 bahwa guru dalam menyampaikan
materi kepada siswa dengan berceramah dan memberi tugas, media pembelajarannya
juga belum lengkap. Guru selalu mendominasi dalam kegiatan belajar mengajar,
sebagai hasilnya siswa sekedar memperoleh informasi dan kemudian menghafalnya,
padahal mengajar bukan lagi menyampaikan pengetahuan melainkan memberi
kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk ikut aktif dalam proses memperoleh
informasi dan mengaitkan dengan apa yang telah dimiliki siswa sehingga diharapkan
siswa itu memahami dan memaknai dengan baik pengetahuan di dalam pikirannya.
Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa khususnya siswa
kelas IV pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air. Oleh
karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu
dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan
materi maupun karakteristik siswa.
Media Puzzle merupakan sebuah media yang berupa potongan-potongan
gambar yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran),
sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa dalam
kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Penggunaan media puzzle dalam
pembelajaran IPS merupakan sarana untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang
memungkinkan fungsi dan peran IPS terwujud, juga akan menarik dan mendorong
siswa aktif dalam mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi. Rumusan masalah
pada penelitian ini adalah : (1) bagaimana problema penerapan media puzzle dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan
Gumukmas Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air?, (2) bagaimana besar pemecahan
masalah persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangrejo 01
Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS pada pokok
bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air untuk media puzzle?.
Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1)
Untuk mendeskripsikan penerapan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dalam
pembelajaran IPS pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air,
(2) Untuk mengetahui besarnya persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV
SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember dalam pembelajaran
IPS pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan cinta tanah air untuk media
puzzle.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV media puzzle yang terdiri dari 29
siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah
penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data
dilakukan mulai tanggal 29 November 2010 sampai dengan 08 Desember 2010
dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas
Kabupaten Jember. Pada siklus I, persentase hasil belajar siswa mencapai 65% dan
persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,07%. Pada siklus II, hasil belajar siswa
secara klasikal mencapai 75,86%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,10%
sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN
Karangrejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil
belajar dan ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan semangat kepahlawanan dan
cinta tanah air. Peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10,86% dan
ketuntasannya sebesar 31,03%. | en_US |