Show simple item record

dc.contributor.authorMUHAMMAD UMAR MUKHTAR
dc.date.accessioned2014-01-28T23:31:29Z
dc.date.available2014-01-28T23:31:29Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM040910301237
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26746
dc.description.abstractPenelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling SMK Berdikari Jember dalam mengatasi siswa yang membolos. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling karena guru bimbingan dan konseling merupakan pelaksana dari kegiatan konseling yang ada di sekolah. Lokasi penelitian ini adalah SMK Berdikari Kabupaten Jember. Di sekolah ini terdapat 3 guru bimbingan dan konseling yang terbagi menjadi guru bimbingan konseling kelas 1, 2 & 3. Di samping menggunakan data sekunder dari siswa yang membolos juga menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan teknik indepth interview melalui interview guide (pedoman wawancara) kepada 3 orang informan (3 orang guru bimbingan dan konseling). Analisis hasil penelitian dengan menggunakan metode deskriptif yang didasarkan pada data kualitatif. Data kualitatif dianalisa untuk mendukung hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa yang membolos menggunakan tahapan dan teknik yang ada dalam konseling. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan tahapan yang digunakan oleh guru BK ada tujuh tahapan. Tahap pertama yaitu menentukan masalah. Tahap kedua yaitu pengumpulan data. Tahap ketiga yaitu analisis data. Tahap keempat yaitu diagnosis. Tahap kelima yaitu prognosis. Tahap keenam yaitu terapi. Tahap ketujuh yaitu evaluasi atau follow up. Sedangkan untuk teknik konseling yang digunakan yaitu teknik memberi nasihat dan teknik empati. vii Hasil dari layanan konseling yang diberikan oleh guru BK (konselor) kepada siswa (klien) yang membolos memberikan dampak positif bagi siswa. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang pada awalnya sering membolos, setelah diberikan layanan konseling oleh guru BK (konselor) menjadi rajin masuk sekolah. Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jemberen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040910301237;
dc.subjectUpaya Guru Bimbingan Dan Konselingen_US
dc.titleUPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMK BERDIKARI JEMBER DALAM MENGATASI SISWA YANG MEMBOLOSen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record