Show simple item record

dc.contributor.authorMuhammad Yanuar Iqbal
dc.date.accessioned2014-01-28T23:29:47Z
dc.date.available2014-01-28T23:29:47Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM070210391166
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26742
dc.description.abstractAktivitas belajar siswa kelas X-3 SMA N 1 Kencong dalam pembelajaran Ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Hal ini dikarenakan selama ini guru telah berusaha menggunakan variasi pembelajaran tetapi hasilnya belum maksimal. Hal ini sangat mempengaruhi kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran fighting questions menjadi sangat diperlukan. Penggunaan model pembelajaran fighting questions diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi. Penelitian ini meruapakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Memperbaiki proses pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif Model Fighting Questions pada mata pelajaran ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pola Perilaku Konsumen dan Produsen dalam Kegiatan Ekonomi kelas X-3 SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013 ; 2) Meningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif Model Fighting Questions pada mata pelajaran ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pola Perilaku Konsumen dan Produsen dalam Kegiatan Ekonomi kelas X-3 SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013 vii Penelitian ini dilakukan di kelas X-3 SMA N 1 Kencong. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui presentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 66,67% (kategori aktif) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82,74 % (kategori sangat aktif). Hasil penelitian ini menunjukkan dengan Penerapan model pembelajaran fighting questions dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran ekonomi agar model pembelajaran fighting questions dapat dijadikan sebagai alternatif untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas guna meningkatkan aktivitas belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070 210 39 1166;
dc.subjectPEMBELAJARANen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL FIGHTING QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record