dc.description.abstract | Aktivitas belajar siswa kelas X-3 SMA N 1 Kencong dalam pembelajaran
Ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Hal ini
dikarenakan selama ini guru telah berusaha menggunakan variasi pembelajaran
tetapi hasilnya belum maksimal. Hal ini sangat mempengaruhi kegiatan
pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan
baik. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran fighting questions menjadi
sangat diperlukan. Penggunaan model pembelajaran fighting questions diharapkan
dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa
memiliki aktivitas belajar yang tinggi.
Penelitian ini meruapakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi antara
guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Memperbaiki proses pembelajaran melalui
penerapan pembelajaran kooperatif Model Fighting Questions pada mata pelajaran
ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pola Perilaku Konsumen dan Produsen
dalam Kegiatan Ekonomi kelas X-3 SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013
; 2) Meningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif
Model Fighting Questions pada mata pelajaran ekonomi Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan Pola Perilaku Konsumen dan Produsen dalam Kegiatan Ekonomi
kelas X-3 SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2012/2013
vii
Penelitian ini dilakukan di kelas X-3 SMA N 1 Kencong. Penelitian ini
dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu
memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa,
yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui presentase rata-rata
aktivitas belajar siswa sebesar 66,67% (kategori aktif) dan mengalami peningkatan
pada siklus II sebesar 82,74 % (kategori sangat aktif). Hasil penelitian ini
menunjukkan dengan Penerapan model pembelajaran fighting questions dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Peneliti
menyarankan kepada guru mata pelajaran ekonomi agar model pembelajaran fighting
questions dapat dijadikan sebagai alternatif untuk diterapkan dalam kegiatan
pembelajaran di kelas guna meningkatkan aktivitas belajar siswa. | en_US |