dc.description.abstract | Objek matematika merupakan kumpulan fakta, konsep, prinsip, dan operasi
dasar matematika yang essensial. Keempat kategori ini harus tercermin dalam setiap
buku teks matematika, dan diharapkan dapat dicerna, dipahami dan dikuasai oleh
setiap anak Indonesia yang memiliki kemampuan normal. Hal ini menunjuk begitu
pentingnya keempat objek matematika tersebut dan harus disajikan dalam
pembelajaran matematika dengan baik dan benar pengungkapannya dalam buku teks.
Oleh karena itu diperlukan analisis kekeliruan pengungkapan objek matematika pada
buku teks matematika. Tujuan penelitian ini menganalisis kekeliruan pengungkapan
objek matematika yang berupa fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan pada buku
teks matematika SMA kelas X semester I. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat sebagai umpan balik yang berharga bagi guru untuk dapat memperbaiki
perencanaan dan penyusunan materi.
Sumber data dalam penelitian ini adalah buku matematika yang diterbitkan
Ganeca Excact karangan Koko Martono,dkk yang digunakan pada jenjang SMA kelas
Xsemester I. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi.
Analisis data berupa analisis dan deskriptif
Dari hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa buk teks
matematika SMA kelas X semester I yang diterbitkan oleh Ganeca Exact, disusun
Oleh Koko Martono dkk, diterbitkan tahun 2008, masih banyak memuat kekeliruan
pengungkapan objek matematika. Secara keseluruhan terdapat 35 kekeliruan
pengungkapan objek matematika yang rinciannya adalah 4 kekeliruan pengungkapan
fakta, 14 kekeliruan pengungkapan konsep, 10 kekeliruan pengungkapan prinsip, 7
kekeliruan pengungkapan keterampilan. | en_US |