Show simple item record

dc.contributor.authorVini Amaniyah
dc.date.accessioned2014-01-28T23:14:44Z
dc.date.available2014-01-28T23:14:44Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM060210101024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26716
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kita untuk dapat beradaptasi dengan setiap perubahan yang ada. Hal ini mendorong kita untuk terus melakukan perbaikan dalam dunia pendidikan. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan strategi ataupun metode belajar yang tepat agar diperoleh hasil belajar yang maksimal. Namun demikian kenyataan di lapangan berbeda, banyak siswa yang masih gagal dalam mencapai ketuntasan belajar. Ketidaktuntasan yang dialami siswa terjadi karena siswa melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika yaitu kesalahan teorema atau definisi, kesalahan penggunaan data, kesalahan teknik serta kesalahan lainnya. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika adalah dengan menerapkan startegi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Strategi think-talk-write mendorong siswa untuk berpikir, berbicara, dan kemudian menuliskan berkenaan dengan suatu topik. Strategi think-talk-write digunakan untuk mengembangkan tulisan dengan lancar dan melatih bahasa sebelum menuliskannya serta memperkenankan siswa untuk mempengaruhi dan memanipulasi ide-ide sebelum menuliskannya. Penelitian ini menerapkan strategi TTW dalam setap pembelajarannya, adapun tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write dalam pembelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang sisi (2) untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar (3) untuk mengetahui keefektifan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bondowoso dengan objek penelitian siswa kelas VIIIE. Dalam pelaksnaaanya penelitian in dilakukan sebanyak tiga siklus dengan tiap siklus memiliki tindakan yang sama. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa hasil tes siswa yang dilaksanakan pada setipa akhir siklus, aktivitas siswa selama pembelajaran serta kutipan wawancara yang menjadi sumber data untuk mengetahui lebih lanjut penyebaba kesalahan yang dilakukan siswa. Berdasarkan hasil analisis data, pada siklus pertama diperoleh 18,71% siswa melakukan kesalahan penggunaan data, 30,41% siswa melakukan kesalahan teorema dan definisi, 18,12% siswa melakukan kesalahan teknik dan 32,74% siswa melakukan kesalahan lainnya. Pada siklis ke-2 18,63% siswa melakukan kesalahan penggunaan data, 30,32% siswa melakukan kesalahan teorema dan definisi, 17,65 % siswa melakukan kesalahan teknik dan 32,53% siswa melakukan kesalahan lainnya. Pada asiklus ke-3 18,43% siswa melakukan kesalahan penggunaan data, 29,98% siswa melakukan kesalahan teorema dan definisi, 17,5% siswa melakukan kesalahan teknik dan 32,5% siswa melakukan kesalahan lainnya. Berdasarkan persentase frekuensi kesalahan yang dilakukan siswa pada ketiga siklus, maka dapat disimpulkan bahwa strategi TTW adalah stratergi yang cukup efektif untuk mengatasi kesalahan siswa dengan rincian rat-rata persentase keefektifan 38,59%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101024;
dc.subjectPenerapan Pembelajaran Think-Talk-Writeen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record