Show simple item record

dc.contributor.authorVivin Retna Israningrum
dc.date.accessioned2014-01-28T23:04:32Z
dc.date.available2014-01-28T23:04:32Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM080210204127
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26694
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di SDN Kertonegoro 02 kurang meningkatkan kreativitas siswa, terutama dalam pembelajaran IPA sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru kelas III dalam kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, sebagian besar aktivitas pembelajaran dilakukan oleh guru, dan metode pembelajarannya hanya dengan ceramah yang diselingi dengan tanya jawab tentang materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini berdampak pada hasil belajar IPA siswa yang masih terbilang kurang maksimal. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Metode outdoor digunakan dalam penelitian ini untuk membangun suasana belajar yang semula berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa, sehingga dapat membuat siswa lebih berminat untuk mempelajari pelajaran IPA, siswa mengetahui bahwa IPA bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan dapat diterapkan dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode outdoor pada Pokok Bahasan Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat Kelas III Semester I SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar Kelas III Semester I SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui metode outdoor. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III semester I SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember yang terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 4 Desember 2010 sampai dengan 15 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas III semester I SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 49,17% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 68,61% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 66,33% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 60%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 75,83%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember. Kesimpulannya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III semester I SDN Kertonegoro 02 Jenggawah Kabupaten Jember dengan penerapan metode outdoor mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan Aktivitas dari siklus I ke siklus II sebesar 19,44% sedangkan peningkatan hasil belajanya sebesar 9,50% dengan tingkat ketuntasan sebesar 33,33%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204127;
dc.subjectPeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Outdoor IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR IPA (PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT KELAS III SEMESTER I SDN KERTONEGORO 02 JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record