Show simple item record

dc.contributor.authorMiko Maya Dwi
dc.date.accessioned2014-01-28T23:03:42Z
dc.date.available2014-01-28T23:03:42Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM080910202015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26693
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Horizontalisasi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Online dan Offline Di Kota Blitar. Penelitian ini dilaksanakan pada usaha mikro Batik Balitar, Usaha mikro Kaos Tjap Djaloe, dan usaha mikro EMC yang melakukan horizontalisasi pemasaran berbasis online dan offline di Kota Blitar. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2012 sampai bulan Maret 2012. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan menggunakan metode snowball dalam menentukan informan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang terkait dengan horizontalisasi pemasaran UMKM berbasis Online dan Offline di Kota Blitar. Analisis data menggunakan domain dan taksonomi. Analisis domain dilakukan dengan cara melihat gambaran umum perusahaan meliputi sejarah, visi misi, struktur organisasi, tujuan perusahaan, dan horizontalisasi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Sedangkan analisis taksonomi dilakukan dengan melihat horizontalisasi pemasaran melalui online dan offline. Horizontalisasi pemasaran adalah company terhubung / ter-connect secara sejajar dengan lanskap bisnis secara online dan offline. Lanskap bisnis terhubung secara sejajar, semua memiliki derajat yang sama, memiliki peluang yang sama, contohnya di internet antara company, competitor, customer, change memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk mengakses dan menggali informasi serta berpendapat di internet. Melalui offline perusahaan terhubung secara horizontal dengan konsumen maupun kompetitor, komunikasinya tidak lagi bersifat top-down satu arah dari perusahaan ke konsumen tapi komunikasi dua arah antara company, customer, maupun competitor. viii Implementasi horizontalisasi pemasaran secara optimal dengan cara connect dengan lanskap bisnis melalui online dan offline diperlukan perusahaan sebagai strategi bersaing. Connect yang dilakukan secara offline dan online harus sama-sama optimal, tidak dapat berdiri sendiri-sendiri. Horizontalisasi pemasaran berbasis online dan offline barangkali cocok untuk produk-produk yang eksklusif, belum dapat diterapkan secara optimal pada UMKM di Kota Blitar karena kendala secara online. Implementasi horizontalisasi pemasaran pada usaha mikro Batik Balitar, usaha mikro Kaos Tjap Djaloe, dan usaha mikro EMC di Kota Blitar belum optimal. Hal tersebut dikarenakan meskipun informan sudah connect secara offline dengan lanskap bisnis, namun connect secara online belum dilakukan secara optimal. Secara online, pelaku UMKM belum connect secara optimal karena adanya beberapa kendala, yaitu keterbatasan sumber daya manusia, karekteristik produk, serta tidak semua masyarakat atau konsumen memahami internet. Implementasi horizontalisasi pemasarannya kurang optimal juga dilihat dari transaksi penjualan yang terjadi. Menurut ketiga informan, online marketing hanya berfungsi untuk memperluas pasar, namun untuk penjualan dan pembelian langsung oleh konsumen masih lebih efektif melalui pameran ataupun pembelian langsung di gerai usaha. Internet dalam penelitian ini hanya berfungsi untuk memperluas pasar. Horizontalisasi pemasaran ini dapat optimal ketika perusahaan connect secara online dan offline dengan 4C (company, customer, competitor, change) lanskap bisnis. Pelaku usaha UMKM dituntut untuk lebih aktif menggali informasi mengenai company, customer, competitor, dan change secara online. Hal tersebut dimaksudkan agar pelaku usaha dapat lebih mudah menganalisis apa yang diinginkan oleh pasar secara luas, sehingga dengan demikian dapat membuat suatu strategi yang tepat dan mampu menguasai pasar secara luas. Hal tersebut dapat dicapai apabila pelaku usaha memiliki cukup kemampuan dalam mengoperasikan internet dan aktif connect dengan 4C lanskap bisnis secara online dan offline, sehingga pelaku usaha harus lebih belajar mengoperasikan internet.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910202015;
dc.subjectUsaha Mikro Kecil, dan Menengah, (UMKM) Berbasis Onlineen_US
dc.titleIMPLEMENTASI HORIZONTALISASI PEMASARAN PADAUSAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) BERBASIS ONLINE DAN OFFLINE DI KOTA BLITARen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record