Show simple item record

dc.contributor.authorVIVI ROSDIANA
dc.date.accessioned2014-01-28T23:02:29Z
dc.date.available2014-01-28T23:02:29Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM060210274023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26689
dc.description.abstractPembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif, siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4–5 orang dengan memperhatikan keheterogenan, bekerja sama positif dan setiap anggota bertanggungjawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jelbuk 01, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember dalam pelajaran IPS tentang keanekaragaman kenampakan alam dengan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan tipe Jigsaw. Hasil penelititan menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berjalan dengan baik, siswa terlihat senang, aktif, dan antusias karena dalam proses belajar mengajar dan melatih siswa berani mengeluarkan pendapat dan mengajukan pertanyaan sesuai dengan kemampuan yang diberikan guru dalam memahami materi yang disampaikan. Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam sub pokok bahasan keanekaragaman kenampakan alam di kelas IV A SDN Jelbuk 01, Jelbuk, Jember. Hal ini terbukti dari analisis hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Hasil analisis data observasi siswa menunjukkan persentase ketercapaian tingkah laku yang positif terhadap pembelajaran keanekaragaman kenampakan alam dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan tipe Jigsaw yang terus meningkat baik secara kalsikal dan individu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210274023;
dc.subjectpembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, motivasi, hasil belajaren_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE JIGSAW PADA SUB POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DI KELAS IV SDN JELBUK 01 KECAMATAN JELBUK, KABUPATEN JEMBER SEMESTER I, TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record