Show simple item record

dc.contributor.authorRAIS
dc.date.accessioned2014-01-28T18:58:30Z
dc.date.available2014-01-28T18:58:30Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM070210204008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26555
dc.description.abstractPembelajaran Matematika di SD pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvesional, yaitu suatu model pembelajaran yang menitikberatkan pada guru sebagai subjek yang aktif dalam pembelajaran, sedangkan siswa hanya sebagai pendengar materi saja (pasif). Berdasarkan Informasi awal yang diberikan oleh guru di SDN Baratan 01, khususnya kelas 4B terdapat permasalahan yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Hal ini berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan kelas minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 75%. Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada sikap dan prilaku bersama dalam bekerja atau membantu diantara sesama dalam kelompok yang heterogen baik dari segi kemampuan akademiknya, jenis kelamin dan sukunya. Setelah mendapat kesempatan belajar dengan tim, siswa diberi soal kuis mengenai materi yang dipelajari secara individu. Skor kuis semua siswa dicatat dan semua tim yang skor rata-rata kuisnya tinggi diberi penghargaan khusus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas 4B SDN Baratan 01 Jember dalam penerapan model Cooperative Learning tipe STAD dengan materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama? (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas 4B SDN baratan 01 Jember pada materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama setelah penerapan model Cooperative Learning tipe STAD? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 4B SDN Baratan 01 Jember pada materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama melalui penerapan model Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di SDN Baratan 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas 4B SDN Baratan 01 Jember tahun ajaran 2010/2011, sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, serta daftar nama dan nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dalam setiap aspeknya. Aspek memperhatikan presentasi materi dari guru mencapai 80,2%. Aspek bertanya kepada guru/teman kelompok mencapai 76,3 %. Aspek menjawab pertanyaan dari guru/teman kelompok mencapai 74,5 %. Aspek melakukan kerja sama dengan kelompok dalam menyelesaikan LKK mencapai 80,7%. Aspek mengerjakan soal (kuis) mencapai 92,1%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal berdasarkan hasil tes akhir mengalami peningkatan sebesar 10,53%. Pada siklus 1 mencapai 73,68% tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus 2 ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84,21%. Dengan demikian stándar ketuntasan belajar secara klasikal dalam penelitian ini telah terpenuhi sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas 4B SDN Baratan 01 Jember pada Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204008;
dc.subjectMODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STADen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA PADA SISWA KELAS 4B SDN BARATAN 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record