Show simple item record

dc.contributor.authorFITRIATUN
dc.date.accessioned2014-01-28T12:06:48Z
dc.date.available2014-01-28T12:06:48Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM030210302229
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26480
dc.description.abstractSejarah merupakan bidang studi yang dianggap membosankan oleh siswa. Pembelajaran sejarah selama ini terkesan kurang bervariasi, sehingga siswa pasif dan merasa sejarah merupakan pelajaran hafalan saja. Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa menjadi respondsive dan bergairah dalam mengikuti proses belajar mengajar. masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah peningkatan minat dan hasil belajar dengan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Jember II khususnya di kelas VIIID semester gasal tahun Pembelajaran 2007-2008. Penelitian ini menggunakan model skema Penelitian Tindakan Kelas Hopkins dengan dua Siklus. Masalah penelitian adalah: (1) Adakah peningkatan Minat dan Hasil belajar siswa melalui Pendekatan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning pada pembelajaran sejarah? (2) seberapa besar peningkatan Minat dan Hasil belajar siswa melalui Pendekatan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning pada pembelajaran sejarah? Manfaat penelitian adalah sebagai berikut (1) bagi guru, dapat dijadiakn sebagai salah satu media untuk memperluas wawasan tentang disiplin ilmu yang di tekuni; (2) bagi guru, sebagai bahan masukan dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat dalam rangka meningkatkan kualitias proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran sejarah; (3) bagi lembaga pendidikan dan sekolah yang terkait, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran demi peningkatan mutu pendidikan, khususnya perbaikan pembelajaran dalam bidang studi sejarah; dan (4) bagi peneliti lain, dapat bermanfaat sebagai referensi dalam kegiatan penelitian yang sejenis.Tempat penelitian di MTs Negeri Jember II pada semester gasal tahun pembelajaran 2007-2008. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan, subyek penelitian adalah siswa kelas VIIID sebagai kelas yang mempunnyai rata-rata nilai hasil belajar yang paling rendah. Dengan demikian peneliti menetapkan kelas VIIID sebagai kelas yang memerlukan tidakan kelas. Dalam penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning pada pembelajaran sejarah (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat dan hasil belajar siswa yang diajar melalui Pendekatan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning. Peningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran sejarah, khususnya kelas VIIID.Adapun peningkatan minat dari siklus I ke siklus II adalah sebagai berikut: 31(berminat) menjadi 35(sangat berminat), terjadi peningkatan sebesar 4 sedangkan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dari 71,28 menjadi 83,59 (terjadi peningkatan sebesar 12,31). Berdasarkan pelaksanaan dan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan Quantum Learning dengan Strategi Accelarated Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Karena pembelajaran ini mengutakan kenyamanan siswa belajar, jikalau siswa merasa senang belajar maka dengan mudah siswa menerima pelajaran yang di berikan guru (peneliti).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210302229;
dc.subjectMINAT, HASIL BELAJAR, QUANTUM LEARNING, ACCELERATED LEARNINGen_US
dc.titleENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING DENGAN STRATEGI ACCELERATED LEARNING MATA PELAJARAN SEJARAH DI MTs NEGERI JEMBER II SEMESTER GASALTAHUN PEMBELAJARAN 2007-2008en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record