Show simple item record

dc.contributor.authorFARIS HARI CAHYONO
dc.date.accessioned2014-01-28T11:59:10Z
dc.date.available2014-01-28T11:59:10Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM030210101278
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26477
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pendapat Britton yang menyatakan bahwa penyajian buku teks matematika akan efektif jika disesuaikan dengan pemrosesan (tingkat) kognitif pembacanya. Salah satu sajian dalam buku teks matematika yang perlu disesuaikan dengan pemrosesan kognitif pembacanya adalah tingkat kompleksitas pertanyaan pada soal, utamanya soal cerita. Sebagaimana diketahui bersama, soal cerita merupakan salah satu bagian topik pelajaran matematika yang dianggap sulit oleh siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu diadakan penelitian mengenai pengklasifikasian level pertanyaan pada soal cerita yang terdapat dalam buku teks matematika, utamanya buku teks matematika penunjang SMP kelas VII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya persentase masing-masing level pertanyaan pada soal cerita yang terdapat dalam buku teks matematika penunjang SMP kelas VII berdasarkan Taksonomi SOLO. Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman oleh guru maupun penerbit buku teks, dalam membuat dan memilih soal cerita yang sesuai dengan tingkat kemampuan berpikir siswa SMP, khususnya kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan level pertanyaan pada soal cerita, kedalam level pertanyaan Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan Abstrak Diperluas berdasarkan Taksonomi SOLO. Dalam pelaksanaan penelitian ini digunakan instrumen penelitian yang berupa lembar klasifikasi yang berisi indikator-indikator yang akan digunakan sebagai pedoman dalam menentukan level pertanyaan pada soal cerita. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa level pertanyaan pada soal cerita yang terdapat dalam buku teks matematika penunjang SMP kelas VII, karangan Syamsul Junaidi dan Tatag Yuli Eko Siswono berdasarkan Taksonomi SOLO adalah: 0% berada pada level Unistruktural; 47,81% berada pada level Multistruktural; 52,19% berada pada level Relasional; dan 0% berada pada level Abstrak Diperluas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210101278;
dc.subjectLEVEL PERTANYAAN, SOAL CERITA, TAKSONOMI SOLOen_US
dc.titleANALISIS DESKRIPTIF LEVEL PERTANYAAN PADA SOAL CERITA DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA PENUNJANG SMP KELAS VII BERDASARKAN TAKSONOMI SOLOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record