Show simple item record

dc.contributor.authorDesti Alifia Fandana
dc.date.accessioned2013-12-03T02:12:52Z
dc.date.available2013-12-03T02:12:52Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM090210201018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2643
dc.description.abstractPendidikan kesetaraan adalah program PLS yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan adanya pendidikan yang setara dengan pendidikan formal. Khususnya pada pendidikan kesetaraan C atau lebih dikenal dengan paket C. Pada proses pembelajaran paket C dibutuhkan adanya sarana prasana dan media pembelajaran untuk melengkapi dan mendukung kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan pada pengalaman dan observasi awal yang telah dilakukan di SKB Bondowoso khususnya pada kejar paket C, proses pembelajaran yang berlangsung hanya melibatkan media pajang saja kurang memanfaatkan media lain yang dapat menunjang dan merangsang warga belajar untuk belajar. Media pajang yang dimaksud adalah papan tulis dan tidak melibatkan media pembelajaran sesuai dengan teknologi yang modern. Menurut Sadiman (1996:19) media atau bahan adalah perangkat lunak (software) berisi pesan atau informasi pendidikan yang biasanya disajikan dengan mempergunakan alat. Media berfungsi untuk tujuan intruksi dimana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi (Arsyad, 2006:21). Dalam penelitian ini peniliti menggunakan media power point sebagai media yang ditawarkan dalam proses pembelajaran karena kegunaannya yang dapat menarik minat belajar, membrikan motivasi belajar dan juga penggunaan waktu yang efektif dan efisien. Menurut Suhendi (2007:1) Microsoft office power point merupakan program aplikasi kantor bertipe slide show (lembar kerja yang merupakan kaca objek bergantian) yang digunakan untuk mempresentasikan konsep dan argumen yang ingin anda tunjukkan pada orang lain dengan tampilan grafis yang menarik. vii Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Efektivitas penerapan media power point terhadap hasil pembelajaran sejarah warga belajar kelas XI paket C Di SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian concurent mixed methods yaitu penelitian kuantitatif yang didukung dengan penelitian kualitatif. sedangkan analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dengan triangulasi dan data kuantitatif dengan T-test (sample paired). Dalam penelitian ini responden yang diambil menggunakan teknik populasi, dengan jumlah 26 orang yang merupakan keseluruhan dari warga belajar kelas XI paket C SKB Bondowoso. Sumber datanya adalah warga belajar Paket C kelas XI SKB Bondowoso. Metode pengambilan data dilakukan dengan observasi, Tes, dan Dokumentasi. Dengan desain penelitian kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan software SPSS (Stastistical Program For Social Science) v.15 For Windows Dengan Teknik Quasi Eksperimental Seri. Berdasarkan Hasil dari uji t-tes paired diperoleh Hasil uji t pada Paired Sampel stastistics menunjukkan hasil bahwa dari adanya proses pembelajaran yang dilakukan dengan dua perlakuan yang berbeda memiliki hasil yang berbeda antara sebelum dan sesudah, dengan menggunakan media papan tulis hasil tes diperoleh rata-rata sebesar 67,31 sedangkan dengan media power point diperoleh hasil tes sebesar 81,92. Sedangkan pada paired samples correlations hasil uji menunjukkan bahwa korelasi antara dua variabel sebesar 0,566 dengan sig sebesar 0,003 ini menunjukkan bahwa korelasi antara dua variabel rata-rata pada saat sebelum dan sesudah perlakuan khusus hasilnya kuat dan signifikan. Pada paired sample test hasil uji hipotesisnya hasil uji t sebesar -6,985 dengan sig sebesar 0,000. Karena sig < 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, sehingga dapat disimpulkan penerapan media power point efektif terhadap pembelajaran sejarah warga belajar kelas XI paket C di SKB Bondowoso semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media power point Efektif terhadap hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210201018;
dc.subjectPenerapan Media Power Pointen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA POWER POINT TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH WARGA BELAJAR KELAS XI PAKET C DI SKB BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record