dc.description.abstract | Peningkatkan mutu pendidikan dapat diupayakan dengan mewujudkan
pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman nyata pada siswa secara holistikkontekstual,
dan yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan untuk
mendalami ilmu yang mereka pelajari. Pengalaman nyata tersebut diharapkan dapat
membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan menjadi jembatan transformasi
pengalaman yang ilmiah pada diri siswa. Suatu pembelajaran hendaknya menekankan
pada hubungan yang harmonis antara belajar, bekerja, dan aktivitas belajar lainnya
dalam menciptakan, menemukan, dan menerapakan pengetahuan yang dicari.
Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang pembelajaran yang aktif,
inovatif, kreatif, kontekstual, efektif dan menyenangkan melalui penggunaan
pendekatan PAIKKEM dalam pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah:
(1) untuk mengkaji adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika siswa antara
pembelajaran yang menggunakan pendekatan PAIKKEM dan pendekatan
pembelajaran konvensional; dan (2) untuk mengkaji berapakah besar nilai prosentase
efektifitas penerapan pendekatan PAIKKEM dalam pembelajaran fisika di SMP. | en_US |