dc.description.abstract | Kegiatan belajar anak di rumah tidak lepas dari peranana orang tua sebagai
pihak yang turut bertangggung jawab atas masa depan mereka. Untuk itu orang tua
diharapkan mampu memenuhi kebutuhan anak yang berkaitan dengan keberhasilan
pendidikan anaknya terutama dalam pemenuhan fasilitas belajar di rumah. Selain
fasilitas belajar di rumah, prestasi belajar siswa juga dapat dipengaruhi oleh motivasi
belajar. Fasilitas belajar dan motivasi belajar merupakan dua hal yang sangat
mendukung dalam pencapaian tujuan belajar, yaitu mendapatkan prestasi yang baik.
Oleh karena itu perlu adanya pemenuhan fasilitas belajar yang diperlukan anak dalam
proses belajarnya, serta motivasi yang timbul dalam diri seorang anak.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari
penyediaan fasilitas belajar anak di rumah dan motivasi belajar prestasi belajar siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Yosowilangun semester ganjil tahun ajaran 2008/2009.
Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive yaitu SMP
Negeri 1 Yosowilangun kelas VII semester ganjil. Metode pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah proposional random sampling sebanyak 74 siswa,
sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis
regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penyediaan fasilitas belajar anak di rumah dan motivasi belajar
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 | en_US |