Show simple item record

dc.contributor.authorBAMBANG SISWANTO
dc.date.accessioned2014-01-28T03:07:13Z
dc.date.available2014-01-28T03:07:13Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM070210274050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26102
dc.description.abstractTujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ranuwurung 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (52%), siklus II (92%), Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas V SDN Ranuwurung 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274050;
dc.subjectpersiapan kemerdekaan Indonesia, pembelajaran kooperatifen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN RANUWURUNG 01en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record