dc.description.abstract | Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif. (b)
Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode
pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak
dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
Ranuwurung 01. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi
kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (52%), siklus II (92%),
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model
Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas V SDN
Ranuwurung 01, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif pembelajaran IPS. | en_US |