• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INTERFERENSI LEKSIKAL DIALEK OSING TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMPN 2 GLAGAH KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (150)S_1.pdf (453.3Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Baktri Arum Mutiara Sinta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Metode penentuan daerah yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling area yang dengan sengaja menentukan lokasi penelitian yaitu SMPN 2 Glagah Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Data dalam penelitian ini berupa kosa kata interferensi leksikal dialek Osing dalam kalimat karangan siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan narasi yang dibuat siswa SMPN 2 Glagah serta hasil angket. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner (angket). Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Intrumen Penelitian berupa tabel pembantu pengumpul data dan tabel pembantu analisis data. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil dan pembahasan penelitian meliputi (1) interferensi leksikal dialek Osing terhadap bahasa Indonesia berdasarkan kelas kata yaitu (a) kata kerja (b) Kata benda (c) Kata sifat (d) Kata keterangan dan (e) Kata tugas. (2) penyebab terjadinya interferensi leksikal dialek Osing terhadap bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena adanya kontak bahasa yaitu dialek Osing dan bahasa Indonesia yang dilakukan oleh siswa sebagai dwibahasawan, kurang adanya pembiasaan (habituasi) penggunaan bahasa Indonesia dalam kegiatan pembelajaran maupun nonpembelajaran oleh guru, pengaruh bahasa ibu yaitu dialek Osing yang masih sering digunakan oleh siswa di sekolah maupun dalam KBM berlangsung, adanya faktor lingkungan dan pribadi dari diri siswa yang sangat mendukung terjadinya interferensi. Dapat disimpulkan bahwa interferensi bisa terjadi pada semua kalangan yang sedang mempelajari bahasa kedua, yang pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Glagah. Hal ini perlu bagi guru untuk membiasakan berbahasa indonesia dan memperbaiki pengajaran dalam KBM. Bagi mahasiswa FKIP penelitian ini bisa menjadi bahan rujukan mata kuliah Analisis kesalahan berbahasa dan Sosiolinguistik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26084
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository