Show simple item record

dc.contributor.authorBerlian Sorga Abdullah
dc.date.accessioned2014-01-28T02:38:22Z
dc.date.available2014-01-28T02:38:22Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM060210191053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26053
dc.description.abstractDalam matematika kemampuan berhitung siswa mutlak diperlukan. Kemampuan berhitung tidak begitu saja melekat pada diri masing-masing individu, walaupun pada dasarnya ia mempunyai potensi berhitung yang baik, tetapi harus mencari, menemukan dan menggunakan teknik tertentu untuk memudahkan perhitungannyadisamping berlatih terus menerus. Teknik hitung Trachtenberg merupakan teknik hitung yang yang berbeda dengan yang biasa dugunakan siswa atau guru (konvensional) . teknik hitung trchtenberg membuat perhitungan lebih praktis, dan mudah dipahami olah siswa. Selain pemilihan teknik yang baik salah satu usaha yang untuk meningkatkan kemampuan berhitung adalah dalam pembelajaran matematika menggunakan latihan sesering mungkin agar siswa dapat terbiasa menggunakan dan memanfaatkan teknik hitung yang baik dan efisien dalam memecahkan permasalahan matematika yang berkaitan dengan perhitungan. Kuadrat dan akar kuadrta adalah salah satu pada perpangkatan dan penarikan akar yang membutuhkan perhitungan dalam menyelesaikan permasalahannya. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran metode drill menggunakan teknik hitung Trachtenberg dan teknik hitung konvensional dan mencari pembelajaran mana yang lebih baik antara pembelajaran metode drill menggunakan teknik hitung Trachtenberg dan teknik hitung konvensional Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas VII MTs. Al-Hasan Panti mulai 12 Desember 2011. Dalam penelitian eksperimen ini, terlebih dahulu akan dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui apakah populasi tersebut homogen, kemudian mengundi untuk menentukan sampel penelitian dan dipilih dua kelas yan menjadi kelas eksperimen yang diberi pembelajaran metode drill menggunakan teknik hitung Trachtenberg dan kelas kontrok yang diberi pembelajaran metode drill menggunakan teknik hitung konvensional. setelah perlakuan diberikan siswa diberi tes eveluasi yang nanti dianalisis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210191053;
dc.subjectPEMBELAJARAN METODE DRILL MENGGUNAKAN TEKNIK HITUNG TRACHTENBERGen_US
dc.titlePerbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Metode Dill Menggunakan Teknik Hitung Trachtenberg dengan Teknik Hitung Konvensional Pada Perpangkatan dan Penarikan Akar Siswa Kelas VII MTs.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record