Show simple item record

dc.contributor.authorBeta Sari Aulia Rahmi
dc.date.accessioned2014-01-28T02:33:32Z
dc.date.available2014-01-28T02:33:32Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM070210204300
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26048
dc.description.abstractIPS merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di SD. IPS memiliki kajian yang sangat kompleks. Beberapa objek kajiannya dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa kelas III B SDN Kebonsari Kec Sumbersuko Kab Lumajang yang masih rendah yaitu ≤ 75% siswa yang tuntas belajar. SKM yang berlaku menetapkan siswa dapat dikatakan tuntas secara individu apabila telah mendapatkan nilai ≥ 65. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh guru kelas III B SDN Kebonsari Kec Sumbersuko Kab Lumajang adanya permasalahan pada bidang IPS yang dihadapi oleh siswa kelas III B khususnya materi jenis-jenis pekerjaan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Selain itu sistem pengajaran guru yang masih konvensional yaitu dengan menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan siswa kurang antusias dan sulit mengingat materi tersebut. Hal ini yang menyebabkan rendahnya nilai siswa sehingga masih banyak siswa yang belum tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media visual (gambar puzzle). menggunakan media visual (gambar puzzle) yang menekankan pada antusias belajaJenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dipakai adalah kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi modifikasi dari Kemmis dan Taggart 1998 yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari beberapa tahap, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, evaluasi, dan pemahaman. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B SDN Kebonsari Kec Sumbersuko Kab Lumajang sebanyak 25 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisis meliputi penerapan pembelajaran yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Persentase ketuntasan hasil belajar melalui tes I, tes II, tes III dan tes akhir siklus secara klasikal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204300;
dc.subjectUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III B SDN KEBONSARI KECAMATAN SUMBERSUKOen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III B SDN KEBONSARI KECAMATAN SUMBERSUKO KABUPATEN LUMAJANG DALAM MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL (GAMBAR PUZZLE) TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record