dc.description.abstract | Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas VIII
SMP Negeri 1 Tegaldlimo kabupaten Banyuwangi, peneliti memperoleh informasi
bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang
mempersiapkan perangkat pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Proses
pembelajaran di kelas sudah berjalan dengan baik dengan dilengkapi buku pegangan
untuk siswa yaitu buku PR Fisika SMP dan sudah digunakan saat pembelajaran di
kelas. Menurut siswa buku pegangan berupa PR Fisika SMP tersebut sulit dimengerti,
materi yang disajikan tidak lengkap dan soal yang disajikan terlalu sulit. Pemanfaatan
laboratorium ICT belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika.
Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan
diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu perangkat pembelajaran
fisika berbasis ICT yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses
pembelajaran. Information and Communication Technology (ICT) adalah semua
teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan,
penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi. Perangkat pembelajaran adalah
perangkat yang digunakan selama proses belajar mengajar. Perangkat pembelajaran
fisika berbasis ICT yang dihasilkan meliputi, yaitu: silabus; rencana pelaksanaan
pembelajaran; lembar kegiatan siswa; buku ajar siswa; instrumen evaluasi dan media
pembelajaran ICT. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan
perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang valid dan mengetahui respon siswa
terhadap perangkat pembelajaran fisika berbasis ICT yang dikembangkan. | en_US |