dc.description.abstract | Keterampilan mambaca sangat diperlukan dalam dunia modern.
Berdasarkan Kurikulum 1994, salah satu tujuan umum pembelajaran bahasa
Indonesia yang terkait dengan pembelajaran membaca adalah siswa dapat
memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta
menggunakanya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan
keadaan (
Proses pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan membaca
pemahaman di SDN Kebonsari 04 menunjukkan adanya
membaca pemahaman siswa dipilih metode PQRST. Kehebatan metode PQRST
untuk lebih memahami bacaan . Siswa di ajak untuk memahami isi bacaan lalu
kemudian menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan. Masalah
penelitian ini adalah Saran yang diajukan yaitu metode PQRST dapat digunakan sebagai
alternatif pembelajaran membaca pemahaman bacaan cerita anak. Sebagai bahan
pertimbangan bagi guru, bahwa dalam proses pembelajaran di kelas hendaknya
memanfaatkan metode dan media pembelajaran yang tepat agar proses belajar
mengajar menjadi lebih menyenangkan sehingga materi akan bisa tersampaikan
dengan hasil yang optimal serta dapat mengurangi rasa kejenuhan atau kebosanan,
karena pembelajaran Bahasa Indonesia biasanya identik dengan pelajaran yang
membosankan. Bagi siswa Sebagai siswa harus lebih mengembangkan daya
berfikir sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bacaan
cerita anak cerita..
Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember
yangg dilaksakan selama semester genap. Subyek penelitian yang di gunakan
adalah seluruh siswa kelas SDN Kebonsari 04 Jember yang berjumlah 48 selama semester genap. | en_US |