Show simple item record

dc.contributor.authorBagus Dwi Jaya
dc.date.accessioned2014-01-28T02:15:49Z
dc.date.available2014-01-28T02:15:49Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM070210102104
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26014
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan one group pre test post test design. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SMP di Kotatif Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang belajar tentang konsep pesawat sederhana di SMP. Responden dalam penelitian ini adalah salah satu kelas yang belajar konsep pesawat sederhana di SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Uji paired samples t test dengan program SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah pertama; (2) Persentase efektivitas untuk menjawab rumusan masalah kedua; (3) Persentase retensi hasil belajar untuk menjawab rumusan masalah ketiga. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) < 0,05 dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA (fisika) sebelum dan sesudah pembelajaran MET. Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA (fisika) siswa sebelum dan sesudah pembelajaran MET menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian treatment melalui pembelajaran dengan MET terhadap hasil belajar IPA (fisika) siswa. Uji efektivitas hasil belajar IPA (fisika) pada pembelajaran MET diperoleh persentase 67,52%, angka ini masuk dalam kategori cukup efektif. Uji retensi hasil belajar IPA (fisika) setelah pembelajaran MET diperoleh persentase 101,09%, angka ini masuk dalam kategori tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102104;
dc.subjectMetode Eksperimen Terbimbing, Pembelajaran IPA (Fisika)en_US
dc.titleMETODE EKSPERIMEN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) DI SMP: STUDI PADA HASIL BELAJAR, EFEKTIVITAS, DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KONSEP PESAWAT SEDERHANAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record