dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran yang menggunakan metode Discovery sangat baik, pelaksanaan ditiap
siklusnya menunjukkan peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 persentase rata-rata
aktivitas siswa sebesar 70,3% meningkat menjadi 71,8% pada pertemuan 2,
sedangkan pada siklus II persentase rata-rata meningkat menjadi 76,5. Sedangkan
hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai kesiklus
akhir yaitu siklus II. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,5,
kemudian meningkat pada siklus I menjadi 77,5. Pada siklus II rata-rata hasil belajar
siswa kelas IV meningkat lagi menjadi 84,2.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Discovery dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasn sifat dan wujud benda
pada siswa kelas IV SDN 02 Bagorejo tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil
penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru: penerapan metode Discovery dapat
dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah, hasil penelitian tentang
metode Discovery dapat digunakan sebagai sarana informasi alternative metode
pembelajaran IPA yang efektif guna meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti
lain, perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai metode Discovery serta
mengkombinasikan dengan metode lain agar tujuan pembelajaran tercapai. | en_US |