Show simple item record

dc.contributor.authorYuyun Handayani
dc.date.accessioned2014-01-28T01:59:13Z
dc.date.available2014-01-28T01:59:13Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM070210204416
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25976
dc.description.abstractenelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan menemukan kosa kata bersinonim. Terbukti ada sebanyak 19 siswa atau sebesar 79,2% dari 24 jumlah keseluruhan siswa belum mencapai ketuntasan minimal. Sementara yang mencapai ketuntasan minimal hanya 5 siswa atau sebesar 20,8% dari 24 jumlah keseluruhan siswa. Hal ini disebabkan karena pada saat mengajar guru hanya menuliskan beberapa daftar kosa kata bersinonim untuk dihafal dan siswa kurang dilatih untuk menemukan atau mengidentifikasi kosa kata bersinonim dari bacaan sehingga perbendaharaan kosa kata bersinonimnya kurang. Hal ini mengakibatkan kemampuan siswa terhadap kosa kata bersinonim rendah. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya melihat hasil dari pembelajaran dengan menggunakan metode permainan bermedia kartu kuartet sinonim untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi kosa kata bersinonim melalui membaca. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengidentifikasi kosa kata bersinonim melalui membaca dengan metode permainan bermedia kartu kuartet pada siswa kelas VI SDN Bagon 03 kecamatan Puger kabupaten Jember. Selaras dengan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengidentifikasi kosa kata bersinonim melalui membaca dengan metode permainan bermedia kartu kuartet pada siswa kelas VI SDN Bagon 03 kecamatan Puger kabupaten Jember. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan adalah simultan terpadu. Lokasi penelitian di SD Negeri Bagon 03 kecamatan Puger Kabupaten Jember, karena terdapat banyak siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam menemukan kosa kata bersinonim. Data penelitian ini secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari observasi, sedangkan yang diperoleh dari tes berupa data kuantitatif. Sumber data adalah hasil observasi dan tes kemampuan mengidentifikasi kosa kata bersinonim melalui membaca bacaan pada siswa kelas VI SD Negeri Bagon 03. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan teknik tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi kosa kata bersinonim melalui membaca dapat meningkat dengan menggunakan metode permainan bermedia kartu kuartet sinonim dalam pembelajaran. Penerapan metode permainan bermedia kartu kuartet sinonim yaitu: 1) guru menyuruh siswa membentuk kelompok bermain, tiap kelompok terdiri dari 4 siswa; 2) Dalam bermain kartu kuartet sinonim secara bergiliran siswa meminta kartu padanan yang memiliki kata yang bersinonim dengan kartu yang dimilikinya; 3) siswa yang dinyatakan menang adalah siswa yang tercepat mengumpulkan 4 kartu padanan kosa kata bersinonim; 4) begitu seterusnya sampai selesai. Penerapan metode permainan bermedia kartu kuartet sinonim dalam penelitian ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi kosa kata bersinonim melalui membaca bacaan pada siswa. Peningkatan yang terjadi antara prasiklus ke siklus I sebanyak 19 siswa atau sebesar 79,2% dari 24 jumlah siswa keseluruhan sedangkan pada siklus II sebanyak 22 anak atau sebesar 91,7% dari 24 jumlah keseluruhan siswa. Dalam penerapan metode permainan bermedia kartu kuartet untuk meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi kosa kata bersinonim disarankan pada guru kelas agar selalu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, lebih detail memberi penjelasan pada siswa tentang kosa kata bersinonim dan mempraktekkan permainannya agar siswa lebih tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan, guru terus menerus memberikan latihan mengidentifikasi kosa kata bersinonim melalui membaca pada siswa, dan peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan berbeda, disarankan menyusun perencanaan pembelajaran yang seoptimal mungkin terutama pada skenario pembelajaran, pengaturan ruang, dan alokasi waktu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204416;
dc.subjectMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASIen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KOSA KATA BERSINONIM MELALUI MEMBACA DENGAN METODE PERMAINAN BERMEDIA KARTU KUARTET PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI BAGON 03 PUGER-JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record