Show simple item record

dc.contributor.authorVENY APRILIYANTI
dc.date.accessioned2014-01-28T01:45:48Z
dc.date.available2014-01-28T01:45:48Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM020210301038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25947
dc.description.abstractKeterlibatan orang tua sangat diperlukan oleh anak dalam kegiatan belajarnya. Peran serta orang tua diantaranya menyediakan fasilitas belajar di rumah, memberikan belajar, pengawasan waktu belajar dan komunikasi dengan pihak sekolah. Keempat faktor tersebut dipengaruhi oleh faktor latar belakang sosial ekonomi orang tua, dengan tujuan memudahkan proses belajar anak, yang pada akhirnya berujung pada pencapaian hasil belajar yang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap keterlibatan dalam proses belajar anak kelas VIII di SMP Negeri I Tanggul, Jember tahun ajaran 2006/2007. metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive yaitu di SMP Negeri I Tanggul, Jember. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu proporsional random sampling sebanyak 70 orang tua siswa, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua secara simultan berpengaruh terhadap keterlibatan dalam proses belajar anak kelas VIII di SMP Negeri I Tanggul, Jember tahun ajaran 2006/2007. hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan F hitung > F tabel (75,592 > 3,1338) dengan α =0,05 > Signifikansi F= 0,000 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 69,3 % yang berarti variabel pendidikan dan pendapatan memberikan sumbangan sebesar 69,3 terhadap keterlibatan dalam proses belajar anak. Besarnya proporsi sumbangan variabel pendidikan (X1) sebesar 23,74% sedangkan variabel pendapatan (X2) sebesar 45,59%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel pendapatan viii (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap keterlibatan dalam proses belajar anak kelas VIII di SMP Negeri I Tanggul, Jember tahun ajaran 2006/2007. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210301038;
dc.subjectproses belajaren_US
dc.titlePENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP KETERLIBATAN DALAM PROSES BELAJAR ANAK KELAS VIII DI SMP NEGERI I TANGGUL, JEMBER TAHUN AJARAN 2006/2007en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record