dc.description.abstract | ABSTRAK
Ismardani, Trisnawadi. 2012. Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar IPS
Siswa Kelas IV Melalui Metode Group Investigation Pada
Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam Dan Kegiatan Ekonomi Di
SDN Bantaran 2 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Tugas
Akhir Program PJJ S-1 PGSD FKIP Universitas Jember. Pembimbing
: Drs. Bambang Suyadi, M.si.
Kata Kunci : Aktivitas belajar, Prestasi Belajar, Kooperatif, Group
Investigation, Pembelajaran IPS.
Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam
rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam
perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan
diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang
digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan
mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai
dengan tujuan yang hendak dicapai.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini
adalah: Bagaimanakah penerapan metode group investigation dalam Pembelajaran
IPS Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi dapat
meningkatkan Aktivitas dan Prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bantaran 2 tahun
Pelajaran 2011/2012?
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: Untuk meningkatkan
aktivitas dan prestasi belajar IPS kompetensi dasar sumber daya alam dan
kegiatan ekonomi melalui penerapan metode group investigation pada siswa kelas
Ivsemester II SD Negeri Bantaran 2 Probolinggo tahun pelajaran 2011/2012
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan,
kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa
kelas VI SDN Bantaran 2. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar
observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I sebesar (87%) dan siklus
II (100%). Selain itu, prosentase pengamatan aktivitas siswa juga mengalami
kenaikan seiring dengan kenaikan prestasi siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan
metode group investigation dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa
kelas VI SDN Bantaran 2 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai
salah satu alternative pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. | en_US |