Show simple item record

dc.contributor.authorARASYIAH OKVITA HALVIN
dc.date.accessioned2013-12-03T01:25:40Z
dc.date.available2013-12-03T01:25:40Z
dc.date.issued2013-12-03
dc.identifier.nimNIM090210402013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2592
dc.description.abstractBahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk melahirkan pikiran dan perasaan Salah satu bagian penting dari bahasa adalah kosakata. Perkembangan bahasa tidak dapat terlepas dari penambahan dan perkembangan kosakata. Pemahaman kosakata dapat memengaruhi keterampilan berbahasa seseorang. Semakin kaya kosakata yang dimiliki maka semakin besar pula kemungkinan terampil berbahasa. Kegiatan dalam mempelajari bahasa dapat diwujudkan melalui pengajaran bahasa di sekolah. Pemahaman kosakata di sekolah dasar masih minim. Berdasarkan hasil peneli tian, ditemukan bahwa siswa kelas V sekolah dasar belum bisa mengartikan istilah -istilah sains dikarenakan kosakata bahasa Indonesia bidang sains menggunakan kata-kata serapan atau kosakata asing yang disesuaikan dengan standar ilmiah misalnya bahasa latin atau bahasa Inggris. Keadaan tersebut dikhawatirkan akan mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami materi-materi pelajaran. Di sisi lain, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa kelas V sudah masuk dalam tingkat pemahaman. Artinya jika siswa ti dak memahami kosakata bahasa Indonesia bidang sains yang terdapat di dalam wacana maka siswa akan kesulitan menguasai materi pelajaran. Salah satu alat ukur tingkat pemahaman kosakata adalah teknik cloze. Teknik cloze digunakan karena dapat mengukur tingkat pemahaman kosakata siswa dengan melibatkan siswa secara langsung. Kajian pada penelitian ini difokuskan pada pemahaman kosakata bahasa Indonesia bidang sains. Berdasarkan fokus tersebut, terdapat dua rumusan masalah yaitu: 1) vii Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik tes yaitu tes cloze yang diteskan pada siswa kelas V di empat sekolah yakni SDN Pademawu Barat II, SDN Bunder I, SDN Pademawu Barat IV, SDN Dasok III. Data penelitian yang berupa isian siswa pada rumpangan tes cloze kemudian dianalisis sesuai prosedur analisis cloze. Tingkat pemahaman kosakata bahasa Indonesia bidang sains kategori kata asli siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan masuk dalam kategori frustasi atau gagal. Kategori frustasi atau gagal diperoleh dari analisis tes cloze yang diteskan kepada 71 siswa. Secara keseluruhan, skor yang didapatkan adalah 995, sedangkan skor maksimalnya 7100 dan didapatkan skor tingkat pemahaman kosakata bahasa Indonesia bidang sains dengan persentase 14,01%. Sedangkan untuk tingkat pemahaman kosakata bahasa Indonesia bidang sains kategori kata serapan siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Pademawu masuk dalam kategori frustasi atau gagal. Secara keseluruhan, skor yang didapatkan siswa adalah 838 sedangkan skor maksimal seluruh tes cloze adalah 7100. Sesuai prosedur analisis cloze, didapatkan tingkat pemahaman dengan persentase 11,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran: 1) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi guru sekolah dasar untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Indonesia bidang sains siswa dengan cara membiasakan menggunakan istilah-istilah sains dalam menjelaskan materi atau mengajar kepada siswa sehingga siswa akan terbiasa mendengar istilah tersebut yang akan berdampak pada proses pemahaman kosakata siswa, 2Peneliti lain dapat melakukan penelitian pemahaman kosakata dengan kajian yang lebih luas. Peneliti lain dapat menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman kosakata bahasa Indonesia bidang sains. Selain itu, peneliti lain dapat melakukan penelitan pemahaman kosakata dengan menggunakan alat ukur lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210402013;
dc.subjectPemahaman Kosakataen_US
dc.titleTINGKAT PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA BIDANG SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record