• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif melalui Tugas Analisis Lingkungan dalam Pembelajaran Fisika di SMA

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    340_1.pdf (744.5Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Triyanti Mandasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RINGKASAN Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif melalui Tugas Analisis Lingkungan dalam Pembelajaran Fisika di SMA; Triyanti Mandasari, 030210102365; 2009:43 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan. Model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan adalah pola pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan konsep fisika dengan cara mengajak siswa untuk aktif, kreatif dalam menyelesaikan tugas berupa permasalahan sehari-hari yang sering ditemukan di lingkungan sekitar yang diselesaikan secara kooperatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan?; (2) bagaimanakah retensi hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan?; (3) apakah model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan efektif diterapkan dalam pembelajarn fisika?. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji aktivitas siswa, retensi hasil belajar fisika siswa, dan efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian “bagian Research and Development”. Populasi penelitian adalah siswa SMA yang belajar fisika. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-1, X-2, dan X-6 SMA Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari pre-test, perlakuan, post-test, refleksi dan diakhiri dengan tes tunda. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan: (1) persentase aktivitas untuk vii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id mengkaji aktivitas siswa selama PBM kemudian mendeskripsikannya; (2) uji retensi untuk mengkaji retensi hasil belajar setelah belajar; (3) uji efektifitas untuk mengkaji efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan untuk ketiga kelas pada setiap siklusnya mengalami peningkatan dan termasuk dalam kategori baik, terutama komponen keaktifan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru dan diskusi kelompok. Komponen keaktifan siswa dalam diskusi kelas, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan tergolong tidak baik. (2) Retensi hasil belajar fisika untuk ketiga kelas pada setiap siklusnya menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan tergolong kuat. (3) Efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif melalui tugas analisis lingkungan untuk ketiga kelas pada siklus I tergolong efektif, pada siklus II dan siklus III tergolong sangat efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25918
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail