• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MOTIVASI ORANG TUA MEMILIH PENDIDIKAN ANAK DI PONDOK PESANTREN (Studi Pada Pondok Pesantren Nurul Hikmah Desa Kasiyan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (45)S_1.pdf (397.7Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Ayu Dya Dwi Jayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian pondok pesantren Nurul Hikmah desa Kasiyan kecamatan Puger Kabupaten Jember penelitian ini bahwa motivasi orang tua dalam memilih pondok pesantren sebagai pendidikan didorong oleh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi Intrinsik adalah harapan orang tua agar anak bisa dibekali ilmu agama. yaitu sebagai bekal dunia akhirat baik untuk orang tua maupun untuk anak, agar seimbang antara ilmu dunia juga akhirat. Dari hasil temuan menunjukan pendidikan di pondok pesantren Nurul Hikmah memiliki keunggulan dibidang agama, pendidikan umum dan keterampilan seperti memasak dan menjahit. Dengan adanya pendidikan agama yang diajarkan orang tua menginginkan serta mengarahkan anak dapat melaksanakan perintah Tuhan dengan baik dan beraklakul Kharimah, seimbang dengan pendidikan umum yang didapat dari pondok pesantren Nurul Hikmah yang juga mengajarkan keterampilan yang biasa dibuat bekal hidup setelah tamat sekolah. Motivasi ekstrinsik yang mendorong orang tua memilih Pondok Pesantren Nurul Hikmah sebagai pendidikan anak yang datang dari luar diri yaitu sebagai berikut: Motivasi orientasi terhadap lingkungan masyarakat yang mana mayoritas agama penduduk desa Kasiyan Timur adalah Islam sehingga fanatisme agama mempengaruhi orang tua untuk menentuhkan pendidikan anak. Unsur budaya seperti nilai-nilai, norma-norma, etika, kebiasaan, adat-istiadat tentunya ikut mempengaruhi perilaku orang tua memotivasi anak untuk menjalankan pendidikn di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, dalam hal lain dapat dikatakan bahwa orang tua dalam memilih pendidikan agama untuk anak mereka dipengaruhi lingkungan sosial bisa diterima dengan langsung dan tidak langsung, yang telah dilakukan pada Pondok Pesantren Nurul Hikmah masih harus ada yang diperbaiki untuk memotivasi orang tua agar memilih pondok pesantren sebagai pendidikan anak. Maka adapun saran dalam penelitian ini antara lain. Diharapkan antara orang tua dan pihak pondok pesantren terdapat kerjasama yang positif, seperti orang tua murid rutin berkunjung untuk mengetahui perkembangan anaknya. Diharapkan orang tua selalu mengarahkan dan membimbing anak dalam belajar. Khusunya mengatasi masalah dalam belajar yang dialami anaknya. Bagi para orang tu agar selalu mendorong anaknya untuk selalu belajar dan sering membaca buku-buku yang bersangkutan dengan pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25861
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository