Show simple item record

dc.contributor.authorAyu Aisah
dc.date.accessioned2014-01-28T00:50:00Z
dc.date.available2014-01-28T00:50:00Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM070910301117
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25858
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis peran keluarga dan guru dalam meningkatkan minat belajar anak di SMP Terbuka Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Jember . Metode penelitian kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian ini, peran guru sebagai orang tua di sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah sebagai demonstrator yaitu dengan menguasai materi pelajaran yang akan diberikan kepada siswa , sebagai motivator yaitu dengan memberikan dorongan kepada siswa agar lebih minat terhadap pelajaran, sebagai mediator yaitu menjadi perantara siswa dengan lingkungan dalam menyikapi menurunnya minat belajar anak, sebagai fasilitator yaitu dengan menyediakan bahan ajar di sekolah dan sebagai evaluator yaitu dengan memberikan semacam tes kepada siswa untuk mengetahui apakah peran guru setiap harinya dapat meningkatkan minat belajar siswa.Sedangkan Ibu yang berperan sebagai orang tua dirumah dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak lebih berperan sebagai motivator. Motivator tersebut dapat berupa teguran dan pengawasan yang lebih terhadap anak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910301117;
dc.subjectPeran Keluarga dan Guru, Minat Belajar Anaken_US
dc.titlePERAN KELUARGA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK (Studi Deskriptif di SMP Terbuka Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record