PERAN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT BINTANG MAS INDONESIA
Abstract
Kunci keunggulan bersaing dalam situasi yang penuh persaingan adalah
kemampuan perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Kesetiaan
pelanggan akan menjadi kunci sukses dan keunggulan bersaing perusahaan tidak
hanya dalam jangka pendek tetapi juga dalam jangka panjang dengan
berkomitmen mendalam yang dipegang teguh untuk melakukan pembelian
berulang terhadap produk atau jasa secara konsisten dimasa yang akan datang
serta merekomendasikannya kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan, pengaruh bauran
pemasaran terhadap loyalitas, pengaruh kepuasan terhadap kepercayaan, pengaruh
kepuasan terhadap loyalitas, dan pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas.
Penelitian ini menggunakan obyek konsumen akhir PT Bintang Mas
Indonesia yang ditentukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling
dengan kriteria pelanggan tersebut sedang membeli produk dan merupakan
pembelian ulang terhadap produk perusahaan. Data penelitian menggunakan data
primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada 112 responden konsumen akhir.
Lokasi penelitian ini dilakukan di Kabupaten Jember, Banyuwangi, Lumajang,
Bondowoso, dan Situbondo. Metode analisis yang digunakan adalah
Structural
Equation Modelling
(SEM) dengan software AMOS 16.0.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh total bauran pemasaran
terhadap kepuasan sebesar 0,380 dengan hasil uji kausalitas P sebesar 0,022
(p<0,05) yang berarti bahwa pengaruh tersebut signifikan. Pengaruh total variabel
bauran pemasaran terhadap loyalitas sebesar 0,742 dengan hasil uji kausalitas P
sebesar 0,001 (p<0,05) yang berarti bahwa pengaruh tersebut signifikan. Variabel kepuasan berpengaruh total sebesar 0,490 terhadap kepercayaan dengan hasil uji
kausalitas P sebesar 0,000 (p<0,05) yang berarti bahwa pengaruh tersebut
signifikan dan berpengaruh total 0,532 terhadap loyalitas konsumen dengan hasil
uji kausalitas P sebesar 0,012 (p<0,05) yang berarti bahwa pengaruh tersebut
signifikan. Variabel kepercayaan berpengaruh total sebesar 0,248 dengan hasil uji
kausalitas P sebesar 0,197 (p>0,05) yang berarti bahwa pengaruh tersebut tidak
signifikan.
Kesimpulan penelitian ini adalah bauran pemasaran berpengaruh positif
signifikan terhadap kepuasan, bauran pemasaran berpengaruh positif signifikan
terhadap loyalitas, kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan,
kepuasan bepengaruh positif signifikan terhadap loyalitas, dan kepercayaan tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.
Collections
- MT-Management [539]