• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MELALUI MODEL DISCOVERY DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SDN PANCAKARYA 01 AJUNG JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-dewirizqiy-12807-1-dewiriz-i_1.pdf (198.6Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Dewi Rizqiyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Salah satunya yaitu model pembelajaran yang guru terapkan dalam mengajar dikelas. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan kepada siswa untuk mengerjakan LKS yang disediakan oleh sekolah. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi IPA yang diajarkan. Pembelajaran yang menerapkan model discovery dengan metode eksperimen, siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, karena memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk menemukan pengetahuan yang mereka butuhkan dengan melakukan suatu percobaan sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pancakarya 01 Ajung dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model discovery dengan metode eksperimen pokok bahasan energi panas dan energi bunyi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25829
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository