PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA MELALUI SEMANGAT KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI KOTA MANADO EFFECT OF PRINCIPAL LEADERSHIP AND MOTIVATION ON THE PERFORMANCE OF WORK BY THE SPIRIT HIGH SCHOOL TEACHER VOCATION IN THE CITY MANADO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah:(1)menguji dan menganalisis pengaruh langsung
kepemimpinan terhadap kinerja Guru SMK di Kota Manado; (2) menguji dan
menganalisis pengaruh tidak langsung kepemimpinan terhadap kinerja Guru SMK
di Kota Manado melalui semangat kerja; (3) menguji dan menganalisis pengaruh
langsung motivasi terhadap kinerja Guru SMK di Kota Manado; (4) menguji dan
menganalisis pengaruh tidak langsung motivasi terhadap kinerja Guru SMK di
Kota Manado melalui semangat kerja; dan (5) menguji dan menganalisis pengaruh
semangat kerja terhadap kinejra Guru SMK di Kota Manado.Penelitian ini adalah
penelitian explanatory dengan menggunakan metode survey.Populasi sebanyak
261 orang yang tersebar pada sembilan SMK Negeri maupun Swasta. Sampel
penelitian diambil dengan menggunakan metode proportional random sampling.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Februari 2011. Penelitian ini
menggunakan Analisis Persamaan Struktural (SEM).Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : (1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh langsung
signifikan terhadap kinerja Guru SMK. Hipotesis-1 dapat diterima; (2)
Kepemimpinan berpengaruh tidak langsung signifikan terhadap kinerja Guru
SMK melalui semangat kerja. Hipotesis-2 dapat diterima; (3) Motivasi
berpengaruh langsung signifikan terhadap kinerja Guru SMK. Hipotesis-3 dapat
diterima; (4) Motivasi berpengaruh tidak langsung signifikan terhadap kinerja
Guru SMK melalui semangat kerja. Hipotesis-4 dapat diterima. Semangat kerja
memperkuat total pengaruh motivasi terhadap kinerja; dan (5) Semangat kerja
berpengaruh signifikan terhadap kinerja Guru SMK. Hipotesis-5 dapat diterima.
Dengan demikian, penempatan variabel semangat kerja sebagai variabel
intervening dalam model struktural yang diteliti, adalah tepat walaupun kontribusi
pengaruhnya relatif kecil. Implementasi yang dapat dikemukan adalah : (1)
Walaupun orientasi guru yang lebih berprinsip management by objective (MBO)
bukan merupakan hal yang buruk, namun sebaiknya prinsip itu perlu diarahkan
menjadi prinsip management by process (MBP);Dan kebijakan dalam mengelolah
sumber daya manusia yang lebih baik lagi dan dapat memberi kontribusi
akademik kepada berbagai pihak yang terkait dalam pengembangan sumber daya
manusia. (2) Kepada peneliti lain, dapat lebih mengkorelasikan jalur-jalur yang
lebih banyak lagi.
Collections
- MT-Science of Economic [204]