Show simple item record

dc.contributor.authorVICKY DWI NANDA
dc.date.accessioned2014-01-27T23:56:24Z
dc.date.available2014-01-27T23:56:24Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM030210101282
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25767
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini semakin pesat seiring dengan era globalisasi, yang berdampak pada cepatnya arus informasi dan menipisnya batas antar negara. Keadaan ini menuntut masyarakat dan bangsa Indonesia harus siap dan cakap dalam menghadapinya. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah peningkatan dan perbaikan pembangunan di bidang pendidikan Untuk itu guru harus melakukan inovasi dan bersikap kreatif dalam menyajikan materi. Sehingga diperlukan pengembangan metode pembelajaran yang efektif dan efisien yang bisa memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajarnya dapat maksimal. Oleh karena itu dilaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui aktivitas siswa pada penerapan PAKEM dengan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran matematika sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009, (2) untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti PAKEM dengan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran matematika sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009. Pengambilan data dilaksanakan di SMP PGRI 02 Binangun Blitar mulai tanggal 16 – 30 April 2009. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan satu siklus. Hasil tes pembelajaran I menunjukkan bahwa 75,76 % siswa mencapai ketuntasan belajar dan pada tes pembelajaran II ketuntasan belajar mencapai 90,91 %. Sedangkan hasil observasi aktifitas siswa mengalami peningkatan, terbukti dari pembelajaran I persentase siswa yang aktif 59,60 %, kreatif 77,78 %, efektif 75,76 % dan menyenangkan 96,97 %. Pada Pembelajaran II persentase siswa yang aktif 71,72 %, kreatif 80,81 %, efektif 79,80 % dan menyenangkan 100 %. Aktifitas siswa secara kelompok pada pembelajaran I mencapai 83,34 % dan pada pembelajaran II mencapai 92,59 %. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pada penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pembelajaran matematika sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009 diperoleh persentase aktifitas siswa secara individu pada pembelajaran I sebesar 77,53 % dan pada pembelajaran II sebesar 83,08 %. Sedangkan persentase aktifitas siswa secara kelompok pada pembelajaran I sebesar 83,34 % dan pada pembelajaran II sebesar 92,59 %. (2) pada penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009 diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 75,76 % pada pembelajaran I dan 90,91 %.pada pembelajaran II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210101282;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)en_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN KELILING, LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP PGRI 02 BINANGUN BLITAR TAHUN AJARAN 2008/2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record