dc.description.abstract | Roti Ceria adalah produk roti manis yang di jual di kabupaten Jember. Pada
perkembangan usaha, manajemen akan memperluas area penjualan di tiap
kabupaten. Perusahaan memilih segmen low end yang diwujudkan dengan
harga murah, dan menentukan product positioning pada pasar roti manis saja.
Manajemen Roti Ceria telah melakukan strategi bauran pemasaran terhadap
produk, harga, distribusi, dan promosi, namun belum mengetahui
efektifitasnya, permasalahan untuk perluasan area penjualan perlu diadakan
kajian secara ilmiah untuk mengukur bauran pemasaran dan pengaruhnya
terhadap keputusan, kepuasan dan loyalitas konsumen Roti Ceria sebagai
bahan pemikiran untuk tindak lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan Model Persamaan Struktural atau Structural
Equation Model. Secara garis besar penelitian ini menunjukkan keseluruhan
hipotesis yang diajukan dapat diterima, dalam hal ini terdapat pengaruh yang
signifikan produk, distribusi, dan promosi terhadap keputusan; terdapat
pengaruh yang signifikan produk dan harga terhadap kepuasan; terdapat
pengaruh yang signifikan keputusan terhadap kepuasan; dan terdapat pengaruh
yang signifikan keputusan dan kepuasan terhadap loyalitas. Sedangkan,
hipotesis yang menyatakan harga berpengaruh terhadap keputusan, serta
distribusi dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan tidak terbukti
kebenarannya. Saran yang dikemukakan secara umum adalah 1.Hasil dari
penelitian ini bisa digunakan untuk tetap mempertahankan bahkan
meningkatkan loyalitas konsumen dan memperhatikan marketing mix dalam
kebijakan atau strategi penetrasi pasarnya. 2. Pada prinsipnya Roti Ceria telah
memenuhi syarat dari aspek pemasaran untuk perluasan area penjualan di tiap
kabupaten melalui system waralaba (franchise). | en_US |