dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas produk, harga,
ketersediaan, sosial dan budaya secara bersama-sama terhadap keputusan membeli
produk Tupperware dan (2) variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan
membeli produk Tupperware
Setelah dilakukan penelitian terhadap 90 responden, dengan menggunakan metode
analisis regresi linear berganda diketahui bahwa : dengan F
= 14,086 berarti
bahwa lebih besar dari F
tabel
= 2,32. Artinya kualitas produk (X
iv
hitung
),
ketersediaan (X
3
), sosial (X
4
) dan budaya (X
) secara bersama-sama berpengaruh
terhadap keputusan membeli; dengan demikian hipotesis pertama dapat diterima. (2)
Di antara variabel independen yang telah diuji, kualitas produk ( X
5
) mempunyai
pengaruh yang paling dominant dan signifikan terhadap keputusan membeli produk
Tupperware di Pt Elang Kharisma Adikarya Jember, oleh karena itu hipotesis kedua
diterima (3) Tampak bahwa pengaruh dari variabel secara parsial terhadap keputusan
membeli produk Tupperware adalah sebagai berikut : (a) kualitas produk berpengaruh
secara nyata sebesar 11,42% (b) budaya berpengaruh secara nyata sebesar 8,01% (c)
harga, ketersediaan dan sosial tidak berpengaruh secara nyata terhadap keputusan
membeli produk Tupperware.
Penemuan ini menunjukkan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh yang nyata
dan signifikan, oleh karena itu PT Elang Kharisma Adikarya Jember sebagai
distributor resmi dari Tupperware harus menjadikan kualitas produk sebagai strategi
pemasaran karena sebagai keunggulan bersaing dari perusahaan dan lebih
memfokuskan pada segmen kelas sosial menengah. | en_US |