Show simple item record

dc.contributor.authorMery Dyah Ervitarini
dc.date.accessioned2014-01-27T17:45:57Z
dc.date.available2014-01-27T17:45:57Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM050210301175
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25544
dc.description.abstractMinat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada umumnya rendah. Rendahnya minat belajar siswa disebabkan karena guru hanya menjelaskan materi pelajaran secara verbal tidak disesuaikan dengan kenyataan yang ada serta kondisi kelas tersebut sehingga siswa kurang antusias dan bosan dalam mengikuti pelajaran ekonomi. Untuk meningkatkan minat belajar siswa, guru harus mampu menyampaikan materi pelajaran secara baik dan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga tidak membuat siswa merasa jenuh atau bosan pada saat menerima pelajaran. Media handout merupakan materi pembelajaran tertulis yang biasanya diambil dari beberapa literatur yang memiliki relevansi dengan materi yang akan diajarkan, yang diharapkan dapat mendukung bahan ajar lainnya atau penjelasan dari guru. Penggunaan media handout dalam proses pembelajaran ditujukan untuk meningkatkan konsentrasi siswa terhadap pelajaran, memelihara kekonsistenan penyampaian materi pelajaran serta waktu yang digunakan siswa untuk mencatat menjadi relatif singkat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran, yaitu media yang digunakan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media handout dalam proses pembelajaran. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu pada kelas X- 5 di SMA Negeri 1 Tanggul dengan berdasarkan atas permasalahan, yaitu minat belajar siswa sangat rendah. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat fase, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada kelas X-5 di SMA Negeri 1 Tanggul meningkat dari sangat rendah menjadi tinggi. Sebelum diterapkan pembelajaran menggunakan media handout, minat belajar siswa sangat rendah dengan skor rata-rata 1,96. Setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media handout, minat belajar siswa meningkat menjadi rendah dengan skor rata-rata 2,83 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi tinggi dengan skor ratarata minat belajar siswa adalah 3,27. Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran menggunakan media handout dapat memperbaiki proses pembelajaran, yaitu meningkatkan minat belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301175;
dc.subjectmedia handout, minat belajar siswaen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-5 Pokok Bahasan Uang dan Perbankan Semester Genap di SMA Negeri 1 Tanggul Tahun Ajaran 2009/2010 )en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record