Show simple item record

dc.contributor.authorEko Zunan Arif Nugroho
dc.date.accessioned2014-01-27T12:29:00Z
dc.date.available2014-01-27T12:29:00Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM060210301090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25464
dc.description.abstractAktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Tanggul masih cukup memprihatinkan. Selain itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar ketuntasan. Untuk itu, guru perlu mencoba menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dari pasif menjadi sangat aktif sekaligus hasil belajar siswa hingga mencapai KKM pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X-D di SMA Negeri 2 Tanggul. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif yang berupa nilai ulangan harian pada mata pelajaran Ekonomi sub pokok bahasan Elastisitas Permintaan dan Penawaran siswa kelas X-D SMA Negeri 2 Tanggul. pada siklus I, aktivitas belajar siswa kelas X-D tergolong Aktif. Secara individu nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 77,29 yang berarti sudah memenuhi KKM. Secara klasikal, nilai ulangan harian siswa belum memenuhi standar ketuntasan, karena baru mencapai 70,59%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dan mencapai kategori Sangat Aktif, sedangkan rata-rata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 85,88 dan secara klasikal mencapai 82,35% yang berarti seluruhnya telah mencapai standar ketuntasan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301090;
dc.subjectMETODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYAen_US
dc.titleUPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X-D pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Elastisitas Permintaan dan Penawaran Semester Gasal di SMA Negeri 2 Tanggul Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record