dc.description.abstract | Aktivitas belajar siswa yang rendah membawa dampak pengiring pada
rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah
strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang membangkitkan aktivitas siswa.
Strategi pembelajaran Problem Solving adalah strategi pembelajaran yang bertujuan
melatih siswa untuk memecahkan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS
menggunakan strategi pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan media
koran pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya
Indonesia. Pembelajaran yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Solving dengan
menggunakan media koran pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa
dan budaya .
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Padomasan 04 Jombang Jember kelas IV
yang terdiri dari 22 siswa, 8 laki-laki dan 14 perempuan. Proses pembelajarannya
dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Pendekatan yang digunakan adalah
kualitatif dan jenis penelitiannnya adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus.
Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, wawancara dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif. Deskriptif kualitatif yang dianalisis berupa data hasil dokumentasi,
observasi, dan wawancara. Sedangkan deskriptif kuantitatif diperoleh dari data hasil tes individu. Pengambilan data dimulai pada tanggal 26 November 2010 sampai tanggal 23
Mei 2011. Pengambilan data tersebut dimulai dari sebelum tindakan pendahuluan
hingga selesai pembelajaran pada siklus II. Subyek penelitian adalah seluruh siswa
kelas IV SDN Padomasan 04 Jombang Jember. Data yang dikumpulkan berupa hasil
wawancara, dokumentasi nilai siswa, perubahan aktivitas siswa dan peningkatan hasil
belajar siswa.
Analisis yang dilakukan memperoleh hasil aktifitas siswa dari siklus I ke
siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I mencapai 27,3%
sedangkan pada siklus II mencapai 77,3%. Sehingga secara klasikal siswa kelas IV
mencapai ketuntasan belaajr dengan kategori cukup baik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas siswa
pada setiap siklus dan peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan
menghargai keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Penerapan strategi
Problem Solving dengan menggunakan media koran dapat membuat siswa lebih
memahami konsep yang dipelajari terutama yang sangat berkaitan erat dengan
kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya
dan melatih siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan baik dan tidak
menyalahi aturan yang ada. | en_US |