Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Nursita
dc.date.accessioned2014-01-27T07:29:07Z
dc.date.available2014-01-27T07:29:07Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM050210192154
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25406
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit karena banyak terdapat rumus-rumus dan konsepnya bersifat abstrak. Saat ini dalam proses pembelajaran fisika, banyak guru yang masih menggunakan media papan tulis sehingga media kurang bervariasi. Hal tersebut dapat menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan animasi komputer yang dapat menampilkan sesuatu yang rumit terutama fenomena fisis yang bersifat abstrak agar dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan yaitu: 1) bagaimanakah pengaruh penggunaan animasi komputer dalam pembelajaran fisika terhadap peningkatan hasil belajar siswa pokok bahasan gerak kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2009/2010?, 2) bagaimanakah efektivitas pembelajaran fisika menggunakan animasi komputer pada pokok bahasan gerak kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2009/2010?. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah 1) Mengkaji pengaruh penggunaan animasi komputer dalam pembelajaran fisika terhadap peningkatan hasil belajar siswa, 2) Mengkaji efektivitas pembelajaran fisika menggunakan animasi komputer pada pokok bahasan gerak kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan animasi dalam pembelajaran fisika dan VII-E sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan metode control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan animasi komputer terhadap peningkatan hasil belajar siswa yaitu menggunakan uji t, tetapi sebelumya data diuji dengan uji normalitas. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan animasi komputer adalah menggunakan rumus prosentase efektivitas pembelajaran. Hasil analisis dengan uji t menunjukkan bahwa nilai t pada equal variance assumed adalah 4,138 dengan probabilitas 0,00. Karena probabilitas 0,00<0,05, maka Ho ditolak. Jadi, peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Prosentase efektifitas pembelajaran menggunakan animasi komputer menunjukkan nilai sebesar 61,29%. Berdasarkan kriteria efektivitas, hasil prosentase yang diperoleh tergolong efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penggunaan animasi komputer berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pokok bahasan gerak kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2009/2010; (2) pembelajaran menggunakan animasi komputer pada pokok bahasan gerak kelas VII semester genap di SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2009/2010 tergolong efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192154;
dc.subjectPENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI KOMPUTERen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Gerak Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2009/2010)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record